3 Kabupaten Mingguan Tertinggi

3 Kabupaten Mingguan Tertinggi

DOK/RK : Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni--

RK ONLINE - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu mencatat ada 3 kabupaten dengan cakupan vaksinasi Covid-19 periode mingguan di atas rata-rata. Yakni Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu Utara dan Kabupaten Lebong.

"Capaian vaksinasi mingguan ketiga wilayah tersebut diatas angka 800 dosis. Yakni Rejang Lebong, Bengkulu Utara dan Lebong dengan masing-masing capaian 1.323 dosis, 1.076 dosis dan 881 dosis, " ungkap Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, H. Herwan Antoni, S.KM, M.Kes, M.Si.

Kabupaten Rejang Lebong menjadi daerah dengan capaian vaksinasi mingguan tertinggi yakni sebanyak 1.323 dosis. Dengan pemakaian vaksin tercatat sebanyak 316,53 dosis dan pencapaian vaksinasi lengkap (Booster) atau dosis 3 di wilayah ini sudah diangka 72,66 persen.

"Stok vaksin yang tersedia dan tercatat di kabupaten Rejang Lebong tinggal 47.170 dosis vaksin dan akan segera habis dalam 35 hari ke depan. Selain itu, Rejang Lebong menjadi wilayah dengan penggunaan vaksin yang tertinggi di Bengkulu," kata Herwan, Rabu (22/6).
Di posisi kedua yakni Kabupaten Bengkulu Utara dengan catatan vaksinasi 1.076 dosis. Stok vaksin yang tersedia di kabupaten ini akan segera habis dalam 70 hari ke depan. Sisa hari pemakaian vaksin ini diperhitungkan berdasarkan stok yang tersedia sebanyak 75.818 dosis.

Selanjutnya Kabupaten Lebong dengan rerata vaksinasi mingguan mencapai angka 881 dosis, dan untuk cakupan vaksinasi lengkap telah mencapai angka 71,88 persen.

Meski penularan Covid-19 di sebagian wilayah telah turun, Herwan mengimbau agar semua orang ikut mengurangi transmisi Covid-19 dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, serta sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

"Tak berkerumun dan mengurangi mobilitas turut berkontribusi menekan laju penularan virus corona. Dan bagi yang belum vaksin segera lakukan vaksinasi sehingga capaian vaksinasi kita bisa optimal," pungkas Herwan.

 

Pewarta : Gatot Julian/Krn

Sumber: