Perpusdes Butuh Dorongan

Perpusdes Butuh Dorongan

DOK/RK : Kadis Perpusda Muktar Yatib, S.Pd--

RK ONLINE - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, berupaya untuk mewujudkan program satu desa satu perpustakaan. Sebagai salah satu langkah percepatan meningkatkan kecerdasan masyarakat, Kadis Perpusda Kepahiang, Muktar Yatib, S.Pd mengungkapkan kalau untuk mencapai target, program Perpustakaan Desa (Perpusdes) ini membutuhkan dorongan dari banyak pihak. Mulai dari pemerintah desa hingga masyarakat desa setempat.

"Pertama program ini merupakan intruksi dari Pemerintah Provinsi, Pemkab Kepahiang pun sudah menyampaikan surat edaran pada desa, terkait dengan dorongan 1 desa 1 perpustakaan ini. Harapan kita bisa terlaksana dengan maksimal," kata Muktar.

Menurutnya, program tersebut diharapkan disambut baik seluruh kalangan. Mengingat sebagai upaya menggiat literasi anak-anak, remaja dan masyarakat.

"Program literasi ini diharapkan benar-benar terlaksana. Apalagi sekarang ini pengembangan perpustakaan sudah bertransformasi sebagai perpustakaan berbasis inkulusi sosia. Jadi tidak hanya sebagai wadah membaca atau pengembangan literasi saja tapi juga pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelas Muktar.

Disisi lain, berbagai upaya melalui pelatihan dan pembinaan dilakukan Perpustakaan Nasional, lanjut Muktar, dengan menguatkan peran perpustakaan desa dan para pegiat literasi sebagai fasilitator gerakan literasi masyarakat. Dalam rangka mengembangkan potensi wilayah untuk kesejahteraan masyarakat.

Pewarta : Reka Fitriani/Krn

Sumber: