Tambah Insentif Perangkat Agama

Tambah Insentif Perangkat Agama

DOK/RK : DISETUJUI : Raperda disetujui fraksi dan pembahasan dilanjutkan ke tahap berikutnya. --

RK ONLINE - Melalui Jubir, 5 fraksi DPRD Kepahiang menyetujui Raperda Pertanggungjawaban APBD TA 2021 dibahas ke tingkat selanjutnya. Meski demikian, ada sejumlah catatan disampaikan masing-masing fraksi. Selain persoalan anggaran yang dinilai hanya mengandalkan DAU dan DAK saja. Tetapi Pemkab Kepahiang juga disarankan menambah besaran insentif perangkat agama.

Seperti disampaikan Juru bicara Fraksi Kebangkitan Bangsa, Drs. Basing Ado. Dia menilai selain perangkat pemerintahan desa, peran perangkat agama juga tidak kalah penting.

"Tugas perangkat agama bersentuhan langsung dengan masyarakat, mulai dari lahir hingga meninggal dunia. Jadi soal insentif ini, kami minta benar-benar dipikirkan. Jangan sampai terkesan, tugas berat tapi tidak ada perhatian," sampainya.

Terkait anggaran, Fraksi Kebangkitan Bangsa ini meminta agar setiap OPD proaktif mengusulkan anggaran kepada pemerintah pusat.

"Cari cara agar bisa mengusulkan anggaran ke pemerintah pusat dan bisa direalisasikan. Jangan hanya menunggu dan merealisasikan anggaran yang ada," ucap Basing Ado.

Sementara itu Fraksi NasdDem memaparkan 6 item pandangannya. Salah satunya agar Pemkab Kepahiang meningkatkan kembali Pendapatan Asli Daerah (PAD). Fraksi Golkar melalui Ansori M menyoroti persoalan paket proyek OPD TA 2021 yang masih menyisakan permasalahan.

"Kami menyayangkan beberapa paket kegiatan pada OPD tahun 2021 yang menyisakan permasalahan yang sangat signifikan. Diantaranya pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, dan pembangunan gedung. Permasalahan-permasalahan yang ada ini harus bisa diselesaikan," kata Ansori.

Fraksi Demokrat melalui juru bicaranya Taswin Nata Diningrat mengingatkan Bupati Kepahiang agar ada ketegasan dalam memerintahkan jajaran OPD dalam penyelesaian pembahasan Raperda.

"Bupati harus tegas memerintahkan jajaran OPD dalam pembahasan Raperda, mari kita menjalin kerja sama yang baik demi terciptanya kelancaran semua kegiatan pemerintahan," ujar Taswin.

Wakil Ketua I, Andrian Defandra, M.Si selaku pimpinan rapat paripurna mengatakan, pandangan umum fraksi-fraksi akan ditanggapi oleh Bupati Kepahiang dalam rapat paripurna jawaban bupati yang telah diagendakan, Rabu (22/6) hari ini.

"Terima kasih kepada fraksi - fraksi DPRD yang telah menyampaikan pandangan umum fraksinya. Selanjutnya bupati akan memberikan jawaban dalam rapat paripurna yang sudah dijadwalkan besok (Hari ini, red)," Tutup Aan (sapaannya).

Pewarta : Epran Antoni/Krn

Sumber: