Bupati Lepas 11 PMI ke Jepang

Bupati Lepas 11 PMI ke Jepang

DOK/RK : Bupati Rejang Lebong, Drs. Syamsul Effendi, MM--

RK ONLINE - Bupati Rejang Lebong, Drs. Syamsul Effendi, MM melepas keberangkatan 11 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Rejang Lebong ke negeri sakura, Jepang. Dalam kesempatan tersebut, Syamsul mengatakan 11 warga tersebut sudah melalui beberapa tahapan dan proses selama karantina yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Disnakertrans) di BLKM. Bupati berharap 11 PMI bisa menjaga dan menempatkan diri serta menunjukkan kemampuannya saat berada di Jepang.

"Saya berharap kepada 11 para calon PMI yang akan berangkat ke jepang ini dapat menjaga nama baik negara kita dan khusnya nama baik Kabupaten Rejang Lebong, " ujarnya.

Ke-11 PMI yang akan diberangkatkan ini memiliki keterampilan khusus karena telah mengikuti pelatihan di  Lembaga Pelatihan Kursus dan Keterampilan (LPKK) Aratana Kibou Curup. Mereka akan diberangkatkan ke Jepang pada bulan Juni dan Juli mendatang.

"Selama menjadi PMI di negara orang kami berharap setidaknya mereka dapat menjaga sikap dan harus disiplin serta patuh terhadap aturan. Kami juga berharap kesempatan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin, " singkatnya.

Sementara itu Kepala Disnakertrans Rejang Lebong Syamsir, S.KM, M.KM menyampaikan program ini merupakan kerjasama dengan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). Yaitu Programm Government to Government (G to G) Jepang sebanyak 6 orang dan Program International Manpower Development Organization Japan ( IM Japan) sebanyak 5 orang jadi total dari Kabupaten Rejang Lebong 11 orang.

"Mudah-mudahan mereka bisa menjaga kesehatan, kemudian etika kepribadian perlu juga ditingkatkan terutama ini dalam menjaga nama baik Indonesia, " akhir Syamsir.

 

Pewarta : Rahyadi Gultom/Krn

Sumber: