39 Sampel Swab Covid-19 Diperiksa di 3 Laboratorium Berbeda

39 Sampel Swab Covid-19 Diperiksa di 3 Laboratorium Berbeda

RK ONLINE - Tim gugus tugas percepatan pencegahan Covid-19 Provinsi Bengkulu mengirim 39 sampel swab di tiga laboratorium di Indonesia. Hingga, Selasa (28/04/2020) hasilnya masih belum diketahui.

Juru bicara tim gugus tugas percepatan pencegahan COVID-19 Provinsi Bengkulu, Jaduliwan mengatakan, sembilan dari 39 sampel swab diperiksa di laboratorium Universitas Andalas (Unand) Padang.

Selanjutnya di laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Kesehatan sebanyak tiga sampel dan 27 sampel diperiksa di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang.

"Sampel swab yang masih tahap proses pemeriksaan ada 39 sampel. Kita masih menunggu hasilnya dikirim dari 3 laboratorium itu," kata Jaduliwan di Bengkulu, Selasa (28/04/2020). Baca Juga : 14 Desa Tak Kunjung Ajukan Pencairkan ADD/DD

Jaduliwan menambahkan, hingga kini total sampel swab yang telah dikirim untuk diperiksa di laboratorium sebanyak 108 sampel. Dari jumlah itu, 10 sampel dari delapan orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

"Jumlah sampel negatif sebanyak 59 dan sampel yang masih dalam proses pemeriksaan sebanyak 39 sampel," terang Jaduliwan.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, H. Herwan Antoni, M.Kes mengatakan, dari 39 sampel yang masih dalam proses pemeriksaan itu sembilan diantaranya merupakan sampel swab dari tenaga medis di Kabupaten Mukomuko.

"Dari 39 sampel swab tersebut diantaranya hasil tracing dari pasien konfirmasi, PDP termasuk sembilan tenaga medis di RSUD Mukomuko," demikian Herwan. Pewarta : Febri Yulian  Editor     : Candra Hadinata 

Sumber: