Pengiriman Spesimen Swab Covid-19 Terkendala Transportasi

Pengiriman Spesimen Swab Covid-19 Terkendala Transportasi

RK ONLINE - Dengan resmi diberlakukannya larangan mudik di seluruh penjuru tanah air, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Berdampak kepada aktivitas ke luar masuk kendaraan dari provinsi satu ke provinsi lain tidak terkecuali Bengkulu-Sumsel.

Sehingga pengiriman beberapa spesimen swab Covid-19 dari Bengkulu ke Palembang terkendala. Mengingat Bengkulu belum memliki alat pemerikasaan spesimen Swab Covid-19. Ini dipaparkan Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, H. Herwan Antoni, M.Kes, Sabtu (25/04/2020). Pada hari itu tidak ada pengiriman spesimen Swab Covid-19 dari Bengkulu ke luar daerah.

"Hari ini (Sabtu, red) kita tidak ada pengiriman swab, baik itu ke BBLK Palembang, Undan, maupun ke Likbankes Jakarta. Jadi, ini sangat mengganggu dalam proses penanganan Covid-19 di Bengkulu. Lantaran semua mode transportasi tidak dibenarkan beroporasi, baik itu darat, udara, maupun laut," sampainya. Baca Juga : Pemprov Bengkulu Gandeng Unib Siapkan Lab Uji Swab Covid-19

Diharapkan, lanjut Herwan, pemerintah Bengkulu dapat mencari alternatif lain karena ini sangat di butuhkan. Terlebih Bengkulu sendiri belum memiliki alat untuk pemeriksaan spesimen tersebut.

"Kita sudah sampaikan hal ini kepada pak gubernur melalui Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, agar dapat mencari jalan keluarnya. Mengingat masih banyak spesimen kita yang belum di ketahui hasil swabnya. Kalaupun hasilnya sudah ke luar, tentu ini butuh pengiriman kembali ke Bengkulu. Setelah baru bisa kita sampaikan dalam bantuk rilis," terangnya.

Ditambahkan Herwan, hingga Sabtu 25 April 2020 terdapat 35 spesimen Swab Covid-19 yang belum diperiksa. Dengan rincian laboratorium Unand 5, Balitbang Kemenkes RI 3, dan 27 BBLK Palembang. Belum termasuk swab yang belum dikirim Dinkes Bengkulu. Pewarta : Febri Yulian  Editor     : Candra Hadinata 

Sumber: