Pemprov Bengkulu Gandeng Unib Siapkan Lab Uji Swab Covid-19

Pemprov Bengkulu Gandeng Unib Siapkan Lab Uji Swab Covid-19

RK ONLINE – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu akan menggandeng Universitas Bengkulu (UNIB) menyiapkan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk menguji sampel swab Covid-19 di RSUD M Yunus Bengkulu. Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu, Jaduliwan, Sabtu (25/04/2020) mengatakan, selain UNIB penyiapan laboratorium ini juga melibatkan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Bengkulu dan RSUD M Yunus Bengkulu.

Dijelaskannya, kolaborasi berbagai pihak ini dilakukan untuk mempercepat realisasi laboratorium di RSUD M Yunus Bengkulu supaya dapat segera menguji sampel swab Covid-19. Selama ini, pengujian sampel swab pasien Covid-19 dilakukan di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang. Sehingga butuh tigahingga 10 hari untuk dapat mengetahui hasil apakah pasien tersebut positif atau negatif Covid-19.

Dengan memiliki laboratorium sendiri, diharapkan Provinsi Bengkulu bisa mengetahui lebih cepat kasus positif COVID-19 di daerah itu sehingga berdampak pula pada upaya pemutusan rantai penularan virus korona jenis baru tersebut. Baca Juga : 1 PDP Covid-19 di Kota Bengkulu Kembali Meninggal

"Kolaborasi antara UNIB, BPOM, serta RSUD M Yunus akan mempercepat terealisasinya laboratoriun PCR. Sehingga hasil uji swab bisa dilakukan dengan cepat karena kita punya alatnya sendiri," kata Jaduliwan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (25/04/2020).

Selain itu, sampai Jaduliwan, tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu juga sudah menyiapkan tempat karantina bagi orang yang memiliki gejala serupa Covid-19 di gedung BPSDM, asrama haji dan LPMP Bengkulu.

Bahkan pengelola tiga tempat tersebut telah diminta untuk menyiapkan segala kebutuhan operasional dan seluruh fasilitas karantina.

"Ya tim gugus tugas Percepatan penanganan Covid-19 melakukan peninjauan ke tempat karantina penanganan pasien terdampak yang sudah di SK-kan oleh gubernur berlokasi di BPSDM, Asrama Haji dan LPMP," demikian Jaduliwan.  Pewarta : Febri Yulian  Editor     : Candra Hadinata 

Sumber: