Puskesmas Kelobak Siaga Covid-19 Hingga Malam Hari

Puskesmas Kelobak Siaga Covid-19 Hingga Malam Hari

RK ONLINE - Puskesmas Kelobak ikut siaga melakukan pelayanan selama pandemi Covid-19. Kepala Puskesmas Kelobak dr. Febi Nur Sanda menjelaskan, selain memberi pelayanan di Puskesmas, petugas medisnya juga berjaga di posko penanganan dan pencegahan covid-19 di perbatasan.

"Kita mendapat bagian jaga posko di Tebat Monok bergantian dengan 3 Puskesmas lainnya. Saat ini Puskesmas siaga covid-19 ada petugas yang berjaga sampai dengan malam hari," jelas Febi, Selasa (14/04/2020).

Dijelaskan, segala antisipasi dilakukan untuk pengamanan terhadap petugas medis. Setiap petugas wajib mensterilkan tangan, sebelum dan sesudah melayani pasien dengan handwash ataupun handsanitizer. Adapun APD yang dimiliki berupa masker, sarung tangan medis, sepatu boot, kacamata dengan jumlah terbatas. Baca Juga : Tetap Waspada! Jumlah Pendatang Dari Zona Merah Tinggi

Tak jarang petugas medis di posko menggunakan jas hujan, sebagai pengganti APD untuk berjaga-jaga. "Hazmat belum ada, sedang diusahakan dalam waktu dekat. Untuk penggunaan APD hazmat ini apabila menangani pasien positif covid ataupun dengan gejala berat seperti riwayat perjalanan ke zona merah, menunjukkan gejala batuk, flu, sesak nafas dan rapid test positif," jelas Febi.

Selain itu, Puskesmas gencar mengdukasi masyarakat dengan advokasi atau melakukan pendekatan ke tempat-tempat umum untuk menyediakan sabun cuci tangan, kemudian mewajibkan orang di puskesmas maupun pasien untuk menggunakan masker.

"Kita ikut mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menggunakan masker, sejauh ini diketahui covid ini menular melalui droplet, jadi sebaiknya ke mana-mana gunakan masker. Jangan menyentuh muka dengan tangan kotor, karena tangan salah satu pintu masuk kuman dan virus, makanya disarankan rajin cuci tangan dengan benar dan sering-sering membersihkan barang yang dipegang dengan disinfektan," demikian Febi. Pewarta : Reka Fitriani Editor     : Candra Hadinata 

Sumber: