Gempa Goyang Bengkulu 6 Kali Sehari

Gempa Goyang Bengkulu 6 Kali Sehari

RK ONLINE – Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang, Litman mengungkapkan, Provinsi Bengkulu secara umum hampir enam kali sehari dogoyang gempa dengan kekuatan atau skala magnitudo di bawah 6 Skala Richter (SR).

"Dari data yang tertangkap alat kita pada Selasa (10/03/2020) dalam satu hari Bengkulu digoyang hingga enam kali gempa. Gempa ini berasal dari pergerakan lempeng yang ada disekitar perairan laut Bengkulu," kata Litman, Rabu (11/03/2020).

Dijelaskan Litman, pada dasarnya Bengkulu memang daerah rawan gempa. Karena itu, masyarakat Bengkulu diimbau selalu waspada dan menyadari hal itu. "Kita harus terus waspada. Karena Bengkulu ini memang daerah rawan tenjadi gempa," ujarnya.

Diterangkan Litman, sepanjang 2019 lalu gempa di Bengkulu terjadi lebih dari 800 kali. Jika dirata-ratakan dalam satu bulan, maka hampir 66 sampai 67 kali gempa yang terjadi. Sedangkan diawal tahun 2020 ini, pada bulan Januari terjadi 53 kali gempa dengan skala magnitudo di bawah 5 SR.

"Sementara di bulan Februari lalu masih 50-an kali gempa. Pernah dalam satu hari di bulan Februari itu, Bengkulu ini digoyang delapan kali gempa," terangnya.

Dipaparkan Litman, gempa-gempa kecil di bawah 5 SR tidak berpotensi tsunami. Karena gempa yang berpotensi tsunami itu salah satu ciri-cirinya skala goyangannya hingga 7 SR dengan durasi cukup lama.

"Gempa yang terjadi di Bengkulu mayoritas merupakan gempa tektonik bukan vulkanik. Seperti gempa Selasa lalu, itu berlokasi di wilayah pesisir Bengkulu serta Lampung Barat diguncang gempa tektonik," pungkasnya. Pewarta : Febri Yulian  Editor     : Candra Hadinata 

Sumber:

Gempa Goyang Bengkulu 6 Kali Sehari

Terkini

Terpopuler

Pilihan