Ini 2 Desa Penerima DD Terbesar di Kepahiang

Ini 2 Desa Penerima DD Terbesar di Kepahiang

RK ONLINE - Berbeda dengan tahun lalu, desa penerima Dana Desa (DD) terbesar tak lagi diisi Desa Tebat Monok dan Batu Bandung. Di TA 2020 ini, penggantinya adalah Desa Pekalongan Kecamatan Ujan Mas dan Desa Cinto Mandi Kecamatan Bermani Ilir.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kepahiang, mendata Rp 1.004.426.000 diterima Desa Cinto Mandi. Disusul Desa Pekalongan, menerima Rp 1.002.244.000.

"Selisih DD antara kedua desa ini juga hanya Rp 2 juta saja," terang Kadis PMD Kabupaten Kepahiang Ir. H. Ris Irianto, M.Si didampingi Kabid Fasilitasi Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Desa Lilis Suryani, SE, MM.

Dijelaskan Lilis, awalnya pagu DD Cinto Mandi ini, masih berada di deretan DD rata - rata di Kabupaten Kepahiang, yakni Rp 860.330.000. Namun dengan adanya penambahan alokasi kinerja yang berjumlah Rp 144.096.000, DD Cinto Mandi langsung naik berada di posisi teratas.

Begitu juga dengan Desa Pekalongan, dengan pagu awal Rp 858.148.000, tetap berada di deretan angka rata - rata. Namun dengan adanya penmabahan alokasi kinerja sebesar Rp 144.096.000, Desa Pekalongan masuk ke dalam daftar desa penerima DD terbesar kedua di Kabupaten Kepahiang.

Selain Cinto Mandi dan Pekalongan, terdapat 9 desa desa lainnya yang juga menerima alokasi kinerja. Namun denhan pagu yang awalnya terbilang lebih kecil, penambahan alokasi kinerja ini hanya membawanya masuk ke dalam daftar rata - rata.

"Mudah - mudahan kedepan dengan kebijakan langsung dari kementerian, DD105 desa di Kabupaten Kepahiang semuannya bisa tembus di angka Rp 1 miliar juga," tutupnya. Pewarta : Hendika Andesta Editor     : Candra Hadinata 

Sumber: