Dinkes Sudah Prediksi Kasus DBD Berpotensi Maningkat

Dinkes Sudah Prediksi Kasus DBD Berpotensi Maningkat

RONLINE RK - Membuka pelayanan kesehatan konfrehensif di Puskesmas Pasar Kepahiang, Rabu (04/03/2020) Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Kepahiang, H. Tajri Fauzan, SKM, M.Si, mengaku sudah memprediksi meningkatnya jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Kepahiang.

Bahkan Tajri mengatakan kalau di tahun 2020 ini, penyakit DBD bakal meledak terjadi di Kabupaten Kepahiang. Tajri mengatakan kalau secara epidemologi, penyakit jenis DBD akan membeludak setiap 5 tahun sekali.

Sesuai dengan prediksi sebelumnya, Tajri mengatakan kalau ledakan angka kasus DBD di Kabupaten Kepahiang akan terjadi pada tahun 2020 ini. "Terbukti di awal tahun 2020 ini, tanda - tanda peningkatan kasus DBD ini sudah mulai terlihat," ungkapnya. Baca Juga : Waspada..!!! DBD Meluas dan Mengancam

Dijelaskanya kalau sampai saat ini, kasus DBD di Kabupaten Kepahiang sudah mencapai 27 kasus. Bahkan dari jumlah ini pula, Tajri mengakui kalau belum lama ini, DBD sudah menelan korban nyawa warga Kelurahan Dusun Kepahiang. "Maka dari itu masyarakat harus mengutamakan upaya pencegahan," tutupnya.

Sementara itu Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM, IPU tak menapiknya. Menurut Dayat peningkatan kasus DBD ini disebabkan oleh kurangnya kebersihan lingkungan di seputaran pemukiman masyarakat.

"Ada banyak upaya yang dapat dilakukan. Salah satunya mengurangi sampah yang dapat menampung air di seputaran rumah," singkat bupati Kepahiang. Pewarta : Hendika Andesta  Editor    : Candra Hadinata 

Sumber: