BPS Ajak Instansi Pemerintah di Kepahiang Dukung SP 2020

BPS Ajak Instansi Pemerintah di Kepahiang Dukung SP 2020

RK ONLINE - Menjelang pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepahiang menggelar Rapat koordinasi (Rakor) yang melibatkan seluruh instansi pemerintah dalam Kabupaten Kepahiang pada Jumat (14/02/2020) lalu. BPS Kepahiang meminta dukungan dari sejumlah pihak untuk mensukseskan SP yang diawali dengan pelaporan secara online sejak, Sabtu (15/02/2020).

Dalam sambutannya, Kepala BPS Kepahiang, Yulian Efendi, SE mengatakan, tahap awal SP akan dilakukan secara online dan masyarakat sendiri yang melakukan pengisian. Aplikasi online akan dibuka sejak 15 Februari sampai 31 Maret mendatang. Karena itu seluruh instansi dalam Kabupaten Kepahiang untuk menyampaikan kepada masyarakat supaya bisa berpartisipasi.

"SP online dibuka sejak Sabtu 15 Februari, saya yakin mayoritas masyarakat Kepahiang mempunyai handphone. Jadi silahkan manfaatkan handphonenya guna melakukan SP online dengan mengisi data yang valid," kata Yulian.

Yulian memaparkan, dirinya meminta adanya komitmen dari instansi pemerintah Kabupaten Kepahiang untuk mendukung suksesnya SP online yang akan dilaksanakan ini. Karena melalui SP yang akan dilakukan bisa diketahui jumlah penduduk kabupaten Kepahiang, sebaran penduduk termasuk angka pendidikan dan angka kemiskinan di Kabupaten Kepahiang.

"Awalnya secara online terlebih dahulu, selanjutnya petugas kita turun dengan melaksanakan SP secara wawancara bagi masyarakat yang belum melaporkan secara online. Kita akan menugaskan sebanyak 164 petugas yang nantinya akan tersebar di seluruh desa dalam Kabupaten Kepahiang," terang Yulian.

Sementara itu, Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM. IPU mengatakan, SP 2020 manfaatnya akan banyak dirasakan pemerintah termasuk masyarakat di Kepahiang sendiri. Karena melalui sensus, akan dikethui jumlah penduduk Kabupaten Kepahiang secara akurat, selain itu data itu nantinya bisa digunakan untuk keperluan Kabupaten Kepahiang.

"Silakan SP dengan menginput data yang baik dan benar. Sebab tidak menutup kemungkinan Pemkab Kepahiang akan menggunakan data tersebut. Kita ketahui sekarang ini masih banyak bantuan yang diberikan belum tepat sasaran, melalui data BPS dengan melaksanakan SP dimungkin data yang didapat akan akurat dan bisa digunakan untuk keperluan bantuan di Kepahiang," pungkas bupati. Pewarta : Efran Antoni Editor     : Candra Hadinata 

Sumber: