Tahun Depan RSUD Kepahiang Siapkan Layanan Khusus Radiologi

Rabu 16-10-2024,11:37 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Hendika

Radarkepahiang.id - Guna mendukung intruksi dari Kementerian Kesehatan yang mengharuskan seluruh rumah sakit se-Indonesia harus mendukung layanan pengampu Kanker, Jantung, Stroke dan Uro-Nefrologi (KJSU), RSUD Kepahiang juga bersiap menyediakan layanan kesehatan tersebut. Dijelaskan Direktur RSUD Kepahiang dr. Febi Nursanda Rabu 16 Oktober 2024, Kabupaten Kepahiang akan meningkatkan fasilitas kesehatan KJSU tersebut.

 

Yakni dijelaskan Febi, managemen rumah sakit akan meyediakan fasilitas khusus dibidang radiologi dengan menyediakan gedung khusus.

BACA JUGA:Ujian SKD CPNS 2024 Terbagi Beberapa Sesi, Ini Jadwalnya

BACA JUGA:Termasuk Kartu Identitas, Pastikan 8 Hal Ini Kamu Ketahui Saat Ujian SKD CPNS 2024

"Gedung khusus ini nanti dipergunakan untuk bisa menampung alat-alat khusus radiologi, dimana ini menjadi bagian mendukung intruksi Kementerian Kesehatan untuk menerapkan KJSU," jelas Febi.

 

Alat-alat yang dimaksud, dijelaskan Febi ialah diharapkan Kementerian Kesehatan mendatangkan alat seperti CTscan hingga alat-alat yang diberikan pemerintah pusat untuk operasi jantung. Sementera pemerintah pusat menyediakan sarana dan fasilitas kelengkapan mendukung KJSU, kata Febi Pemerintah Daerah dalam hal ini RSUD Kepahiang akan menyediakan sumber daya manusia atau SDM yang mendukung pelaksanaan layanan tersebut.

 

"Untuk mendukung terlaksananya layanan KJSU tentu kita memerlukan SDM pendukung, dokter spesialis khusus jantung dan perawat," jelas Febi.

BACA JUGA:Dukcapil Kepahiang Ingatkan Masyarakat Aktivitasi Identitas Kependudukan Digital

BACA JUGA:Meski Banyak Tantangan, Penyuluh Agama Islam Bermani Ilir Maksimalkan Keberadaan TPQ

Dijelaskan Febi, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ini merupakan satu dari enam pilar transformasi kesehatan yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan. Namun, kata Febi terkait program ini akan mengacu pada peraturan dan ketentuan yang ada, selanjutnya penting bagi direksi rumah sakit Kemenks melakukan kajian kebutuhan dan mengusulkan kebutuhan program ini berdasarkan situasi rumah sakit masing-masing.

 

"Tahun 2025 kita siapkan gedung untuk menampung fasilitas yang disediakan oleh pemerintah pusat, mudah-mudahan pada saat itu layanan KJSU sudah dapat diimplementasikan," tutup Febi.

Kategori :