Ini Update Harga Kopi Terkini Berdasarkan Nilai Dolar USA dan Pasar Global

Minggu 11-08-2024,14:49 WIB
Reporter : Jimmy Mayhendra
Editor : Hendika

Radarkepahiang.id - Update harga kopi terkini menjadi kabar gembira bagi petani kopi di Indonesia. Sebab jika berdasarkan nilai dolar USA, saat ini harga kopi pada pasar global mengalami peningkatan.

 

Terkhususnya untuk kopi jenis robusta yang naik hingga mencapai Rp 70 ribu lebih perkilonya.

Kenaikan ini terpantau dari pasar global kopi robusta dengan trending 4.383. Sementara nilai tukar rupiah dengan Dolar Amerika saat ini berkisar pada Rp 15,9 ribu - Rp 16 ribu perdolar.

 

Dengan demikian, secara global harga kopi robusta di Indonesia berkisar Rp 71 ribu perkilo. Kendati demikian, nilai mata uang rupiah terhadap dolar amerika terus mengalami pergerakan atau pergeseran. Hal ini kemudian mempengaruhi harga kopi di Indonesia yang tergolong dalam market fluktuatif.

BACA JUGA:Dana BOK 14 Puskesmas di Kabupaten Kepahiang Mencapai Rp 11 Miliar, Ini Pesan Dinkes Kepahiang!

Pasalnya Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor kopi terbesar di dunia yang sasaran pasarnya, ada di sejumlah negara-negara besar di dunia.

 

Sementara itu dilansir dari Reuters, harga kopi robusta telah naik 63 persen tahun ini dan mencapai puncak di pasar ICE Futures Europe yang berbasis di London.

 

Pasar kopi telah meningkat selama sekitar 18 bulan karena produsen global seperti Vietnam berjuang untuk mengimbangi permintaan yang terus meningkat. Harga naik sebesar 58 pada tahun 2023.

 

Bukan cuma itu saja, belakangan juga diketahui kalau ekspor kopi Indonesia ke Mesir digadang-gadangkan bakal terus meningkat.

Ini setelah Duta Besar RI untuk Mesir, Dr. Lutfi Rauf bersama Atase Perdagangan KBRI Kairo, M Syahran Bhakti S menghadiri pertemuan tahunan buyer kopi Mesir di Kota Damanhour, Provinsi Beheira beberapa waktu lalu.

Kategori :