Harus Tahu! Menu Sarapan Pagi yang Pedas Ternyata Menimbulkan Efek Samping

Minggu 12-11-2023,03:00 WIB
Reporter : Dicky Pratama
Editor : Hendika

Harus Tahu! Menu Sarapan Pagi yang Pedas Ternyata Menimbulkan Efek Samping

RK ONLINE - Sarapan merupakan salah satu waktu makan yang dianggap penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Beberapa orang mungkin menyukai sensasi pedas dalam menu sarapan mereka, seperti sambal atau makanan berbumbu pedas lainnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa konsumsi menu sarapan yang pedas juga dapat membawa sejumlah efek samping yang perlu diwaspadai.

 

1. Gangguan Lambung dan Asam Lambung Tinggi:

Konsumsi makanan pedas dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan. Bagi individu yang memiliki masalah lambung atau asam lambung tinggi, menu sarapan pedas dapat memperburuk kondisi ini dan menyebabkan rasa tidak nyaman seperti mulas dan terbakar di daerah lambung.

BACA JUGA:Kaya Protein, Berikut 6 Pilihan Menu Sarapan Sehat Untuk Memulai Hari-Hari

2. Gangguan Pencernaan:

Makanan pedas dapat memperlambat proses pencernaan bagi sebagian orang. Ini bisa menyebabkan rasa kembung, perut keroncongan, atau bahkan diare pada beberapa kasus tertentu.

 

3. Gangguan Tidur:

Konsumsi makanan pedas, terutama pada waktu sarapan, dapat mempengaruhi kualitas tidur. Beberapa orang melaporkan sulit tidur atau mengalami gangguan tidur setelah mengonsumsi makanan pedas, karena adanya peningkatan suhu tubuh dan aktivitas metabolisme.

 

4. Irritasi Lambung dan Esophagus:

Pedasnya makanan dapat menyebabkan iritasi pada dinding lambung dan esophagus. Ini dapat menjadi masalah serius bagi mereka yang memiliki kondisi seperti tukak lambung atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

BACA JUGA:Waspadai 5 Menu Sarapan Ini, Dampaknya Berpotensi Menyebabkan Serangan Jantung

Kategori :