Tertekan dan Stres Saat Belajar? Kamu Harus Cobain 7 Cara Belajar CPNS Agar Tidak Stres dan Terbengkalai

Selasa 24-10-2023,14:21 WIB
Reporter : Dicky Pratama
Editor : Hendika

Tertekan dan Stres Saat Belajar? Kamu Harus Cobain 7 Cara Belajar CPNS Agar Tidak Stres dan Terbengkalai

RK ONLINE - Mempersiapkan diri untuk ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah suatu tugas yang menantang. Namun, ketika Anda juga harus menjalani pekerjaan sehari-hari, bisa membuat Anda merasa tertekan dan terbengkalai. Berikut adalah beberapa cara belajar CPNS sambil bekerja agar tidak stres dan tetap produktif:

 

1. Buat Jadwal yang Teratur

Saat Anda memiliki pekerjaan tetap, penting untuk memiliki jadwal yang teratur. Tentukan waktu khusus setiap hari atau beberapa hari dalam seminggu untuk fokus pada persiapan CPNS. Pastikan untuk mengikuti jadwal dengan disiplin dan memanfaatkan waktu luang Anda dengan baik.

BACA JUGA:Apa Itu SKB CPNS dan Bagaimana Persiapannya, Simak Informasinya di Sini!

2. Manfaatkan Istirahat

Istirahat di tempat kerja dapat menjadi waktu yang baik untuk belajar. Gunakan istirahat makan siang atau waktu luang di antara pekerjaan untuk membaca materi ujian CPNS atau mengerjakan latihan soal. Dengan memanfaatkan waktu ini, Anda dapat menghemat waktu dan tetap produktif.

 

3. Prioritaskan Materi

Tidak semua materi ujian CPNS memiliki tingkat kesulitan yang sama. Identifikasi mata pelajaran atau topik yang memerlukan perhatian lebih dan fokuskan usaha Anda pada hal tersebut. Prioritaskan materi yang Anda rasa perlu perbaikan dan alokasikan lebih banyak waktu untuk memahaminya.

 

4. Gunakan Sumber Daya Online

Sumber daya online seperti situs web, forum, dan grup studi di media sosial dapat membantu Anda dalam persiapan CPNS. Anda dapat berdiskusi dengan sesama calon CPNS, berbagi tips, dan meminta saran. Gunakan berbagai sumber daya ini untuk memahami lebih baik materi ujian dan pola soal.

BACA JUGA:Sama Seperti ASN, Berikut Hak-Hak Baru Tenaga Kesehatan dan PPPK Tenaga Teknis

Kategori :