Mengenal Lebih Dekat Sistem Kerja dan Pemakaian Komponen Transmisi Mobil Manual
RK ONLINE- Pada era yang semakin modern ini, banyak mobil-mobil terbaru yang telah mengadopsi transmisi otomatis sebagai pilihan utama.
Namun, masih ada sekelompok pengemudi yang lebih menyukai mobil dengan transmisi manual karena memberikan sensasi mengemudi yang lebih terhubung dengan kendaraannya.
Transmisi manual, atau yang sering disebut juga dengan sebutan "kompleng," adalah sistem transmisi mobil yang memerlukan peran aktif pengemudi untuk mengatur gigi-gigi yang digunakan.
BACA JUGA:Salah-Salah Bisa Celaka, Simak Cara Aman Parkir Mobil Manual dan Matic di Tanjakan
Untuk lebih memahami sistem kerja dan pemakaian yang benar dari kompleng mobil manual, mari kita simak artikel berikut ini.
Sistem Kerja Transmisi Manual
Transmisi manual bekerja dengan prinsip penggunaan kopling untuk menghubungkan atau memutuskan aliran tenaga dari mesin ke roda kendaraan. Komponen utama dalam transmisi manual adalah:
1. Kopling (Clutch)
Komponen ini berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan tenaga antara mesin dan transmisi. Saat pedal kopling ditekan, cakram kopling akan terpisah dari flywheel mesin, sehingga tenaga dari mesin tidak akan diteruskan ke transmisi.