7 Desa Binaan jadi Pilot Project

Senin 28-11-2022,12:03 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Andi Jamhari

RK ONLINE - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Kepahiang sudah memiliki 7 desa binaan perpustakaan berbasis inklusi sosial. Meliputi Desa Tebat Monok, Babakan Bogor, Suro Muncar, Batu Ampar, Air Sempiang, Kelilik, dan Taba Padang. Dimana binaan yang dimaksud desa-desa tersebut mendapatkan pelatihan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS).

 

Kadis Perpusda Kepahiang, Muktar Yatib,S.Pd melalui Kabid Layanan Perpustakaan, Sadikin, S.Pd mengatakan, pembinaan itu dapat menambah pengetahuan untuk menambah semangat dan motivasi mengembangkan perpustakaan di masing-masing desa.

 

"Desa binaan mendapatkan pelatihan, dan mensosialisasikan bahwa perubahan atau transformasi pemahaman masyarakat terhadap perpustakaan. Jika dulu perpustakaan itu dianggap hanya tempat membaca, tempat menyimpan buku, TPBS ini memberikan fungsi yang lebih," jelas Sadikin.

 

BACA JUGA:6 Desa Binaan

 

Materi pembinaan yang sering diterapkan, disampaikan Sadikin, seperti konsep serta strategi transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Selain itu, peran TP-PKK juga diharapkan yakni dalam pengembangan program inklusi sosial, strategi promosi dan pemasaran, industri rumah tangga yang nyaman dan sinergisitas program pengembangan masyarakat desa melalui pemberdayaan masyarakat.

 

"TPBIS mendapatkan bantuan, seperti buku, PC komputer hingga kelengkapan lainnya. Tahun depan daerah akan melakukan replikasi mandiri yang anggarannya diajukan lewat APBD, rencananya untuk 10 desa," tutupnya.

Kategori :