Idealnya Butuh 6 Tenaga Pustakawan

Senin 31-10-2022,14:03 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Andi Jamhari

RK ONLINE - Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Kepahiang, Muktar Yatib, S.Pd mengakui instansi yang dipimpinnya tersebut kekurangan tenaga Pustakawan. Pihaknya, menurut Muktar, sudah mengusulkan penambahan tenaga Pustakawan tersebut pada Pemerintah Kabupaten Kepahiang. Meskipun formasi ASN saat ini belum ada tapi penambahan tenaga SDM Pustakawan tersebut diusulkan untuk tenaga kontrak.

Mengenai hal itu, Dinas Perpusda Kepahiang juga menetapkan kriteria khusus. Diantaranya yang berlatar belakang pendidikan S1 Ilmu Perpustakaan, yang nantinya tidak hanya sebagai Pustakawan tapi dapat membidagi Arsiparis. Kurangnya tenaga Pustakawan tersebut, kata Muktar, Dinas Perpusda belum maksimal mencapai tujuan dan fungsi organisasi perangkat daerah yang salah satunya sebagai mesin pendongrak minat membaca.

"Untuk mengoptimalkan Dinas Perpusda ini, salah satunya adalah SDM, kita sangat kekurangan tenaga Pustakawan yang posisinya saat ini hanya 1 orang. Penambahan sudah kita usulkan, idealnya 6 orang yang latar belakang pendidikannya harus Ilmu Perpustakaan. Terlebih sejauh ini belum ada seleksi CPNS untuk formasi itu, terpaksa kami usulkan kebutuhan kontrak saja," kata Muktar.

 

BACA JUGA:Penataan Arsip di Perpusda Belum Makasimal

 

Usulan itu agar Perpustakaan memiliki tenaga kerja yang ahli dalam bidang perpustakaan. Karena kurangnya SDM menyebabkan kurang optimalnya fungsi perpustakaan sehingga berdampak pada belum memaksimalkan fungsi pembinaan perpustakaan di pedesaan.

"Karena kita ingin fungsi perpustakaan sebagai pusat informasi berjalan dengan baik dan efisien. Maka bidang perpustakaan pun harus disiapkan sebaik mungkin, termasuk di bidang SDM-nya. Sehingga  berfungsi optimal dan dapat membina perpustakaan sampai ke tingkat desa," demikian Muktar.

Kategori :