Pemdes Disarankan Jadi Contoh Penanganan Sampah

Senin 11-07-2022,14:38 WIB
Reporter : Reka Fitriani
Editor : Andi Jamhari

RK ONLINE - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kepahiang berharap desa ikut menjadi contoh penanganan sampah rumah tangga, mulai dari penyediaan kotak sampah hingga pengelolaannya. Hal ini lantaran keterbatasan anggaran organisasi perangkat daerah tersebut dalam melakukan pengadaan kotak sampah maupun kontainer. "Usulan pengadaan kontainer maupun kotak sampah terus kami usulkan, terbatasnya anggaran kita tidak bisa berbuat banyak.

Namun kami juga berharap pemerintah desa juga memperhatikan kondisi ini. Misalnya dengan menyediakan kotak sampah di lingkungan desa, dalam hal ini pula desa dapat jadi contoh dalam melakukan penanganan sampah," jelas Kepala Dinas LH Kabupaten Kepahiang, Swifanedi Yusda, S.Hut.

Penyediaan kotak sampah di tingkat desa dikatakan Swifanedi, untuk mengantisipasi agar masyarakat tidak membuang sampah di sungai, di drainase maupun melakukan penumpukan sampah. Peran aktif tersebut menurutnya, agar masalah sampah tidak terus-terusan terjadi. "Kalaupun ada acara yang menghasilkan sampah dengan kapasitas banyak, kalau tidak sempat pemberitahuan lewat surat telpon saja. Sampah akan kami angkut, itulah tugas kami," paparnya.

Dinas LH lanjut Swifanedi, hanya memiliki 9 kendaraan armada pengangkutan sampah, setiap harinya armada itu beroperasi untuk mengangkut sampah dari pasar Kepahiang dan lingkungan Kecamatan Kepahiang. Sehingga masih sangat terbatas untuk mengangkut sampah dari beberapa wilayah kecamatan.

"Sehingga untuk mengangkut sampah dari wilayah kecamatan terpaksa dilakukan bergantian hingga 2 sampai 3 hari sekali," tutup Swifanedi. (rfm)

Kategori :

Terkait

Terpopuler