Bukan Cuma Puasa Ramadhan, Ini Amalan dan Ibadah Saat Ramadhan yang Bisa Membuka Pintu Surga

Bukan Cuma Puasa Ramadhan, Ini Amalan dan Ibadah Saat Ramadhan yang Bisa Membuka Pintu Surga

Bukan Cuma Puasa Ramadhan, Ini Amalan dan Ibadah Saat Ramadhan yang Bisa Membuka Pintu Surga/--www.istockphoto.com

Bukan Cuma Puasa Ramadhan, Ini Amalan dan Ibadah Saat Ramadhan yang Bisa Membuka Pintu Surga

RK ONLINE - Ramadhan telah tiba, bulan yang penuh berkah dan keutamaan bagi umat Islam di seluruh dunia. Selain menjalankan puasa wajib, terdapat beragam amalan yang dianjurkan untuk dilakukan selama bulan suci ini.

 

Sebagaimana disebutkan dalam buku Fiqih Sunnah karya Sayyid Sabiq, Ramadhan adalah waktu di mana pintu surga terbuka lebar dan pintu neraka tertutup rapat. Rasulullah SAW dalam haditsnya menyebutkan,

BACA JUGA:Ini Pentingnya Memilih Makanan dan Minuman yang Tepat Selama Puasa Ramadhan

"Ketika datang bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu." (HR Bukhari dan Muslim)

 

Oleh karena itu, umat Muslim dianjurkan untuk meningkatkan ketaatan dan amalan ibadah selama Ramadhan. Selain puasa wajib, berikut beberapa amalan yang bisa dilakukan:

 

Puasa Ramadhan: Puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi setiap muslim, sesuai dengan firman Allah dalam surah Al Baqarah, ayat 183, yang menyatakan bahwa puasa diwajibkan bagi umat Islam agar mereka bertakwa.

BACA JUGA:Sidang Isbat 1 Ramadhan 2024, Jadwal Puasa Ramadhan 1445 Hijriah Versi Pemerintah

Bersedekah: Amalan sedekah bisa dilakukan kapan saja, termasuk di bulan Ramadhan. Salah satu bentuk sedekah adalah memberi makanan berbuka kepada yang membutuhkan, atau yang dikenal sebagai takjil.

 

Iktikaf: Iktikaf adalah sunah Rasulullah SAW yang dilakukan dengan berdiam diri di masjid dalam beberapa waktu tertentu. Amalan ini bertujuan agar kaum muslimin dapat fokus mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sumber: