Begini Cara Terbaik Untuk Melatih Anak Berpuasa, Jangan Dipaksakan!

Begini Cara Terbaik Untuk Melatih Anak Berpuasa, Jangan Dipaksakan!

Begini Cara Terbaik Untuk Melatih Anak Berpuasa, Jangan Dipaksakan! /--www.istockphoto.com

Begini Cara Terbaik Untuk Melatih Anak Berpuasa, Jangan Dipaksakan!  

RK ONLINE - Para orangtua sering bertanya-tanya tentang bagaimana cara melatih anak-anak mereka untuk berpuasa. Meskipun anak-anak belum diwajibkan untuk berpuasa, melatih kebiasaan ini sejak dini bisa menjadi langkah yang baik agar mereka mengenal dan terbiasa dengan ibadah puasa.

 

Menurut Psikolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Novi Poespita Candra, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk melatih anak-anak mereka berpuasa. Namun, sebelum memulai, penting untuk memberikan pemahaman yang baik terkait makna dan tujuan dari puasa.

BACA JUGA:Persiapan Rumah Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Bikin Puasa Makin Indah!

"Cara terbaik untuk mempersiapkan anak-anak dalam berpuasa adalah dengan berdiskusi bersama mereka mengenai alasan di balik pelaksanaan puasa. Anak-anak lebih baik memahami melalui diskusi daripada hanya mendengar nasihat," ungkap Novi.

 

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk melatih anak-anak mereka dalam berpuasa:

 

Menjelaskan Manfaat Kesehatan: Selain menjelaskan makna puasa secara agama, orangtua juga dapat mengajarkan anak-anak tentang manfaatnya bagi kesehatan. Ini termasuk menjelaskan pola makan yang baik selama bulan puasa, seperti pentingnya memperbanyak cairan saat berbuka dan sahur, serta mengutamakan konsumsi makanan bergizi.

BACA JUGA:Tips Agar Tetap Produktif Saat Bekerja Selama Bulan Puasa Ramadhan

Menyepakati Waktu Berpuasa: Orangtua dapat membuka dialog dengan anak-anak untuk menyepakati waktu berpuasa yang sesuai. Misalnya, mereka dapat berpuasa hingga tengah hari atau hingga waktu magrib. Penting juga untuk memberikan apresiasi kepada anak-anak jika mereka berhasil memenuhi kesepakatan yang telah dibuat.

 

Menanyakan Kesan Anak Setelah Berpuasa: Setelah anak-anak mencoba berpuasa, orangtua perlu menanyakan kesan dan pengalaman mereka. Ini menjadi momen untuk refleksi bersama, di mana anak-anak dapat berbagi tentang pengalaman mereka saat berpuasa, termasuk tantangan yang mereka hadapi dan hal positif yang mereka rasakan.

Sumber: