Ciptakan SDM Unggul, MenPANRB Tekankan Transparansi Dalam Seleksi CASN

Ciptakan SDM Unggul, MenPANRB Tekankan Transparansi Dalam Seleksi CASN

Ciptakan SDM Unggul, MenPANRB Tekankan Transparansi Dalam Seleksi CASN/--www.menpan.go.id

Ciptakan SDM Unggul, MenPANRB Tekankan Transparansi Dalam Seleksi CASN

RK ONLINE - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB), Abdullah Azwar Anas, menyoroti pentingnya meningkatkan kualitas transformasi pelayanan publik di Indonesia agar lebih lincah dan efisien. Namun, ia menegaskan bahwa tantangan utama yang dihadapi adalah sumber daya manusia (SDM).

 

Untuk memastikan SDM yang berkualitas, Anas menyoroti pentingnya seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), termasuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

BACA JUGA:BKN Ungkap Alasan Seleksi CASN 2024, Kapasitas Lab Terbatas dan Jumlah Pelamar Mencapai 7 Juta Orang

Selama beberapa tahun terakhir, seleksi tersebut seringkali menjadi ajang kecurangan, dengan daftar nama peserta yang lolos sudah tersedia sebelumnya.

 

"SDM ini sangat tidak mudah. PNS dulu, mungkin 10 tahun lalu, sebelum tes yang diterima sudah ketahuan duluan." Ungkap Anas.

 

Salah satu bentuk kecurangan yang marak adalah penitipan kenalan dekat, terutama ponakan dan anak menantu, yang disebut 'PDAM'. Hal ini juga menjadi penyebab meningkatnya jumlah tenaga honorer.

BACA JUGA:BKN Beri Bocoran Soal Jadwal Rekrutmen CASN 2024

Meski demikian, Anas menegaskan bahwa saat ini tidak ada celah untuk praktik-praktik kecurangan dalam seleksi CASN. Ia memastikan bahwa seleksi CASN sekarang berlangsung dengan tingkat transparansi yang tinggi.

 

"Sekarang tidak bisa, sekarang tidak ada satupun yang bisa membantu, teman, saudara, keluarga, untuk lulus dari tes CPNS," ujar Anas.

Sumber: