Hati-Hati Minum Jus Buah Setiap Hari Dapat Memicu Berat Badan Naik Pesat

Hati-Hati Minum Jus Buah Setiap Hari Dapat Memicu Berat Badan Naik Pesat

Hati-Hati Minum Jus Buah Setiap Hari Dapat Memicu Berat Badan Naik Pesat/--www.istockphoto.com

Hati-Hati Minum Jus Buah Setiap Hari Dapat Memicu Berat Badan Naik Pesat

RK ONLINE - Jus buah, yang sering dianggap sebagai minuman sehat karena kandungan vitamin dan mineralnya, rupanya memiliki potensi menimbulkan masalah kesehatan terutama terkait berat badan. 

 

Dilansir dari Kompas.com, Sebuah penelitian terkini yang dipublikasikan oleh JAMA Network pada Januari 2024 menunjukkan bahwa minum jus buah setiap hari dapat memicu kenaikan berat badan.

BACA JUGA:Apakah Kamu Termaksuk, Berikut Sederet Tanda Orang Cerdas yang Sering Diabaikan, Bukan Hanya Tes IQ!

Studi ini menemukan bahwa konsumsi segelas jus buah setiap hari dapat menyebabkan penambahan berat badan pada anak-anak dan beberapa partisipan dewasa. Penyebab utamanya disinyalir berasal dari kandungan gula yang tinggi dalam jus buah.

 

Meskipun jus buah mengandung vitamin, mineral, dan polifenol yang bermanfaat, kandungan gula atau pemanis pada minuman ini menjadi perhatian. Satu botol jus jeruk (250 ml) saja dapat mengandung 22 gram atau setara dengan 4,5 sendok teh gula, seperti yang dilansir oleh Medical News Today.

 

Studi yang melibatkan partisipan yang mengonsumsi segelas jus buah murni setiap hari menunjukkan peningkatan indeks massa tubuh (BMI) pada anak-anak, terutama di bawah usia 11 tahun. Buah-buahan yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan delima, beri, ceri asam, apel, jeruk, dan anggur.

BACA JUGA:Tips Menghilangkan Masuk Angin Tanpa Kerokan, Tetap Sehat dan Nyaman!

Kelsey Costa, seorang ahli gizi yang tidak terlibat dalam penelitian, menjelaskan bahwa jus apel, jeruk, dan anggur cenderung dapat menyebabkan peningkatan berat badan. 

 

Di sisi lain, jus delima, beri, dan ceri menunjukkan kecenderungan terhadap penurunan berat badan. Meski demikian, Costa menyarankan untuk mengonsumsi jus buah dalam jumlah yang cukup dan sesuai dengan anjuran ahli gizi dan dokter.

Sumber: