Tips Berkendara Hemat BBM Untuk Meningkatkan Efisiensi Sepeda Motor

Tips Berkendara Hemat BBM Untuk Meningkatkan Efisiensi Sepeda Motor

Tips Berkendara Hemat BBM Untuk Meningkatkan Efisiensi Sepeda Motor/--www.freepik.com

Tips Berkendara Hemat BBM Untuk Meningkatkan Efisiensi Sepeda Motor

RK ONLINE - Sebagian besar sepeda motor terbaru menggunakan sistem injeksi bahan bakar untuk meningkatkan performa mesin dan efisiensi. Namun, efisiensi bahan bakar bisa ditingkatkan lebih lanjut dengan menerapkan gaya berkendara yang efektif.

 

PT Wahana Makmur Sejati berbagi tujuh tips sederhana untuk berkendara sehari-hari yang dapat membuat sepeda motor semakin irit:

 

- Hindari Kemacetan: Manfaatkan teknologi peta di ponsel untuk menghindari jalan yang padat. Memahami kondisi jalanan sebelum dan selama perjalanan bisa membantu mengurangi kemacetan.

BACA JUGA:Bisa Boros BBM, Ini 4 Dampak Buruk Terlambat Mengganti Oli Motor

- Sederhanakan Akselerasi: Akselerasi berlebihan dapat membuat konsumsi BBM menjadi boros. Menerapkan akselerasi perlahan dapat membantu menghemat bahan bakar.

- Jaga Kecepatan Konstan: Menjaga kecepatan motor secara konstan selama perjalanan dapat membantu mengurangi konsumsi BBM.

- Kurangi Pengereman Berlebihan: Pengereman yang tidak perlu bisa memaksa motor untuk melakukan akselerasi ulang, yang pada akhirnya membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.

- Perhatikan Beban: Memuat motor melebihi batas daya angkutnya membuat motor bekerja lebih keras dan akhirnya mengonsumsi lebih banyak bahan bakar.

BACA JUGA:Gadai BPKB Motor di Pegadaian, Pinjaman Mudah dengan Jaminan Kendaraan Bermotor

- Pemeriksaan Tekanan Ban: Melakukan pemeriksaan rutin terhadap tekanan ban sebelum berkendara tidak hanya mempengaruhi handling motor, tetapi juga konsumsi bahan bakar. Tekanan ban yang tidak sesuai dapat membuat motor bekerja lebih berat.

- Aerodinamika Kendaraan: Hindari pemasangan aksesoris yang dapat mengganggu aerodinamika motor. Hal ini bisa mengurangi hambatan angin dan membuat motor bekerja lebih efisien.

Sumber: