Fresh Graduate Siap-Siap, Pendaftaran CPNS 2024 Akan Dibuka Dengan Peluang Lebih Besar

Fresh Graduate Siap-Siap, Pendaftaran CPNS 2024 Akan Dibuka Dengan Peluang Lebih Besar

Fresh Graduate Siap-Siap, Pendaftaran CPNS 2024 Akan Dibuka Dengan Peluang Lebih Besar/---youtube/ @MrMilliCPNS

Fresh Graduate Siap-Siap, Pendaftaran CPNS 2024 Akan Dibuka Dengan Peluang Lebih Besar

RK ONLINE - Pemerintah telah merencanakan untuk membuka kembali pendaftaran CPNS pada tahun mendatang. Pada tahun 2023, kuota CPNS dibuka lebih besar dan rencananya akan dilanjutkan dengan pembukaan seleksi nasional Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2024.

 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) dikabarkan telah menyiapkan rencana untuk perekrutan pada tahun tersebut, meskipun jadwal pendaftarannya belum diumumkan secara resmi.

BACA JUGA:SKB CPNS 2023 Dimulai, Simak Jadwal Serta Aturan Dalam Seleksi CPNS Berikut Ini

Plh. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja, dalam Rapat Koordinasi Penataan Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), mengungkapkan bahwa estimasi formasi yang akan disiapkan untuk tahun 2024 mencapai sekitar 1,3 juta. Angka ini didasarkan pada sisa formasi dari tahun 2023.

 

Meskipun Kementerian PANRB memberikan ruang formasi yang besar dari tahun ke tahun, pemenuhan kebutuhan tersebut tidak selalu optimal. Aba menyatakan bahwa pihaknya menerima banyak masukan dan keluhan dari lulusan baru yang kesulitan untuk melamar.

 

Namun, dalam proses penerimaan CPNS tahun 2024 mendatang, Aba berharap agar tidak melebihi kuota yang telah ditetapkan. Dengan demikian, semua instansi dapat melihat serta memaksimalkan potensi untuk penerimaan ASN di tahun tersebut.

BACA JUGA:Seleksi SKB CPNS Kejaksaan Dimulai, Perhatikan Aturan Berpakaian Serta Barang Yang Boleh Dibawa

Hal ini sejalan dengan penetapan Undang-Undang ASN 2023 yang bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran di dalam negeri. Pemerintah berharap bahwa dalam enam bulan ke depan, Peraturan Pemerintah (PP) yang merupakan turunan dari UU 2023 ini dapat digunakan oleh masyarakat luas.

 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, menyatakan bahwa pemerintah membuka lebih banyak lowongan bagi lulusan baru atau fresh graduate dalam seleksi CPNS 2024. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan talenta yang memiliki keahlian terkini guna mendukung upaya reformasi birokrasi.

Sumber: