Hindari Gemuk Berlebihan Dengan Cara Batasi Mengkonsumsi Durian

Hindari Gemuk Berlebihan Dengan Cara Batasi Mengkonsumsi Durian

Hindari Gemuk Berlebihan Dengan Cara Batasi Mengkonsumsi Durian/---freepik.com

Hindari Gemuk Berlebihan Dengan Cara Batasi Mengkonsumsi Durian

RK ONLINE - Bagi para penggemar durian, mengonsumsi buah ini bisa menjadi kegiatan yang sangat menikmati. Rasa manis dan lembutnya sering kali membuat seseorang tak terasa telah mengonsumsi durian dalam jumlah besar.

 

Namun, perlu diingat bahwa makan durian secara berlebihan dapat dengan mudah menyebabkan peningkatan berat badan yang signifikan. Mengapa demikian?

 

Dilansir dari beberapa sumber terpercaya, Ternyata buah durian memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Satu buah durian bisa memiliki kisaran kalori antara 885 hingga 1500, tergantung pada ukurannya. 

BACA JUGA:Jangan Sampai Tidak Tahu, 7 Buah Durian Ini Adalah Durian Unggulan Provinsi Bengkulu

Untuk durian berukuran 1 kilogram saja, kandungan kalorinya mencapai hampir 1.350 kalori. Mengonsumsi satu biji durian setara dengan 68 persen dari asupan harian kalori yang direkomendasikan bagi orang dewasa.

 

Rata-rata, setiap biji durian dengan berat sekitar 40 gram memiliki kandungan kalori sekitar 54 kalori. Beberapa penggemar durian mungkin mampu mengonsumsi lebih dari satu biji durian dalam satu waktu, yang dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan.

 

Menurut Cleveland Clinic, konsumsi berlebihan kalori dari durian yang tidak terbakar sebagai energi akan disimpan sebagai lemak di dalam tubuh. Jika terus menumpuk, hal ini dapat mengakibatkan peningkatan berat badan yang signifikan.

BACA JUGA:Ini Alasan Kenapa Buah Durian Disebut Raja Buah

Untuk menjaga berat badan tetap stabil, disarankan untuk mengonsumsi dua hingga tiga biji durian dalam satu waktu. Meskipun durian memiliki kandungan kalori tinggi, buah ini juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Sumber: