SKB CPNS 2023 Segera Dimulai, Berikut Ini Perbedaan SKB Sistem CAT dan SKB Non CAT

SKB CPNS 2023 Segera Dimulai, Berikut Ini Perbedaan SKB Sistem CAT dan SKB Non CAT

SKB CPNS 2023 Segera Dimulai, Berikut Ini Perbedaan SKB Sistem CAT dan SKB Non CAT/---Istimewah-

SKB CPNS 2023 Segera Dimulai, Berikut Ini Perbedaan SKB Sistem CAT dan SKB Non CAT

RK ONLINE - SKB CPNS 2023 atau Seleksi Kompetensi Bidang akan menjadi tahap tes terakhir dalam seleksi CPNS 2023 setelah SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar. Hasil dari kedua tes ini akan diintegrasikan dan digunakan untuk menentukan hasil akhir.

 

Tes SKB akan dilaksanakan dalam dua metode, yaitu sistem CAT (computer assisted test) yang diawasi oleh BKN dan metode Non CAT. Pelaksanaan SKB dengan sistem CAT dijadwalkan berlangsung pada 16-22 Desember 2023.

BACA JUGA:Tata Tertib SKD CPNS, Ini Persyaratan, Aturan dan Sanksi Peserta SKD CPNS 2023

Apa Itu SKB dan Bagaimana Perbedaannya?

SKB, atau seleksi kompetensi bidang, bertujuan untuk menilai sejauh mana kompetensi bidang pelamar sesuai dengan kebutuhan jabatan yang tersedia. Terdapat perbedaan utama antara SKB sistem CAT dan non-CAT:

 

SKB dengan sistem CAT dilaksanakan oleh BKN. Peserta akan mengerjakan soal ujian dengan menggunakan komputer secara mandiri, dan hasil penilaian dapat muncul secara instan. Semua peserta seleksi CPNS wajib mengikuti tes SKB sistem CAT.

 

SKB Tambahan yang tidak menggunakan sistem CAT BKN diselenggarakan oleh instansi yang membuka lowongan CPNS. Sebelum melaksanakannya, instansi tersebut harus mendapatkan persetujuan menteri terlebih dahulu.

BACA JUGA:BURUAN! Peserta CPNS 2023 Sudah Bisa Cetak Kartu Ujian Melalui Laman Resmi Ini

Perbedaan Bobot dan Jenis Tes

Bagi instansi pusat yang menyelenggarakan SKB Tambahan, bobot SKB sistem CAT memiliki nilai paling rendah sekitar 50 persen dari total nilai SKB. Jenis tes wawancara di luar SKB sistem CAT memiliki bobot setinggi 30 persen, dan uji penambahan nilai melalui sertifikat hanya dapat memiliki bobot paling tinggi 20 persen dari nilai SKB keseluruhan.

Sumber: