Berapa Lama Waktu Peserta Mengerjakan Tes SKD CPNS 2023?

Berapa Lama Waktu Peserta Mengerjakan Tes SKD CPNS 2023?

Berapa Lama Waktu Peserta Mengerjakan Tes SKD CPNS 2023? /---bengkuluekspress.disway.id

Berapa Lama Waktu Peserta Mengerjakan Tes SKD CPNS 2023? 

RK ONLINE - Penting untuk para calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023 mengetahui informasi terbaru terkait durasi dan persiapan yang dibutuhkan untuk menghadapi Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS.

Dilansir dari Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, berikut adalah informasi terkait proses pengerjaan tes SKD CPNS 2023:

 

Tes SKD CPNS 2023 akan terdiri dari 110 soal yang perlu dikerjakan. Calon CPNS akan diberikan waktu 100 menit untuk menyelesaikan seluruh soal tersebut.

BACA JUGA:Passing Grade dan Jadwal Seleksi Kompetensi CPNS dan PPPK 2023

Namun, perlu dicatat bahwa pelamar disabilitas akan diberikan waktu lebih, yaitu tambahan 30 menit, guna memastikan kesetaraan dalam pelaksanaan tes.

 

Para calon CPNS diharapkan untuk mengerjakan 110 soal yang terbagi dalam tiga kategori, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanyak 45 soal, Tes Intelegensi Umum (TIU) sebanyak 35 soal, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 30 soal.

Tidak ada perbedaan soal antara pelamar reguler dan pelamar disabilitas, hanya perbedaan waktu tambahan bagi yang berhak.

 

Bobot nilai dalam tes SKD CPNS memiliki dua tipe. Tipe pertama berlaku untuk soal TIU dan TWK, yang hanya memiliki dua opsi jawaban: benar atau salah.

Jawaban yang benar dinilai 5, sementara jawaban yang salah atau tidak dijawab akan dinilai 0. Tipe kedua berlaku khusus untuk soal TKP, yang memiliki rentang nilai dari 1 hingga 5. Namun, jika soal TKP tidak dijawab, maka akan bernilai 0.

BACA JUGA:Tips Jitu Agar Lulus Seleksi SKD CPNS 2023 Dengan Skor Tinggi, Ternyata Ada Strateginya!

Sumber: