Semangat Kolaborasi untuk Majukan Indonesia Dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95

Semangat Kolaborasi untuk Majukan Indonesia Dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95

Semangat Kolaborasi untuk Majukan Indonesia Dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95 /---disdagperinkopukm.bulelengkab.go.id

Semangat Kolaborasi untuk Majukan Indonesia Dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 95 

RK ONLINE - Setiap tanggal 28 Oktober, rakyat Indonesia merayakan Hari Sumpah Pemuda untuk memperingati peristiwa bersejarah yang pertama kali tercatat pada tahun 1928. Peringatan ini, yang sekarang berusia 95 tahun, merupakan momen penting dalam sejarah Indonesia.

 

Peringatan Hari Sumpah Pemuda merujuk pada Kongres Pemuda Kedua yang diadakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI). Kongres tersebut menjadi semacam wadah bagi pemuda-pemuda dari berbagai wilayah di Indonesia pada masa itu. Hasil dari Kongres Pemuda tersebut adalah ikrar Sumpah Pemuda yang hingga saat ini masih menjadi lambang semangat pemuda bangsa.

 

Ikrar Sumpah Pemuda itu berbunyi, "Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia."

BACA JUGA:Semangat 45! Berikut Ini Ucapan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 yang Sangat Menginspirasi

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2023 telah dipersiapkan dengan matang oleh pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan tema 'Bersama Majukan Indonesia'. Tema ini mencerminkan semangat kolaborasi yang menjadi pondasi bagi kemajuan Indonesia.

 

Kemenpora juga merilis logo khusus untuk peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023. Logo ini memiliki ciri khas yang mencerminkan semangat kolaborasi. Terdiri dari garis-garis melengkung yang membentuk lingkaran dengan rapi. Setiap lengkungan memiliki sudut dan titik-titik di antara sudut-sudut tersebut.

 

Semua lengkungan tersebut bertemu pada satu titik yang sama, mencerminkan semangat kolaborasi dalam mewujudkan visi 'Bersama Majukan Indonesia'. Logo ini juga memadukan beragam warna, seperti biru, kuning, merah, dan hijau. Warna-warna yang beragam tersebut melambangkan semangat Bhineka Tunggal Ika, semboyan kebinekaan Indonesia.

BACA JUGA:Tema, Makna dan Logo Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tidak hanya menjadi momen nostalgia sejarah, tetapi juga sebagai inspirasi untuk terus berkolaborasi dalam membangun masa depan Indonesia yang lebih baik. Semangat Sumpah Pemuda tetap hidup dalam semangat kolaborasi untuk kemajuan bangsa.

Sumber: