Persiapan Penting Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD CPNS 2023

Persiapan Penting Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD CPNS 2023

Persiapan Penting Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD CPNS 2023/---freepik.com

Persiapan Penting Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD CPNS 2023

RK ONLINE - Bagi para calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2023, saat penentuan sebentar lagi. SKD CPNS 2023 akan dilaksanakan dalam waktu dua minggu ke depan, yaitu pada tanggal 9 hingga 18 November 2023.

 

Sejumlah persiapan penting tengah dilakukan oleh para pelamar guna memastikan kesuksesan dalam menghadapi SKD CPNS 2023, SKD CPNS terdiri dari beberapa bagian, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

 

Menurut informasi dari akun Instagram @aymangayu, dalam SKD CPNS, nilai TKP memiliki peran yang sangat penting dibandingkan dengan TIU dan TWK. Ini disebabkan oleh fakta bahwa nilai TKP menjadi faktor utama dalam penentuan peringkat pelamar yang memiliki skor total yang sama dengan pelamar lainnya.

BACA JUGA:Tes SKD CPNS 2023 Sebentar Lagi Dimulai, Simak Link Informasi per Instansi Disini!

TKP adalah tes yang dirancang untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam menerapkan beberapa aspek, antara lain:

 

- Pelayanan Publik: Kemampuan untuk memberikan pelayanan yang ramah dan efektif, sesuai dengan tugas dan wewenang yang dimiliki, untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain.

-  Jejaring Kerja: Kemampuan untuk membangun, menjalin hubungan, berkolaborasi, dan berbagi informasi dengan orang lain secara efektif.

- Sosial Budaya: Kemampuan untuk beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk yang terdiri dari beragam suku, agama, budaya, dan lain-lain.

- Teknologi Informasi dan Komunikasi: Kemampuan untuk menggunakan teknologi informasi secara efektif guna meningkatkan kinerja.

- Profesionalisme: Kemampuan untuk menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan tuntutan jabatan.

Sumber: