Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 Ditutup, Peserta Persiapkan Diri Hadapi Seleksi Kompetensi

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 Ditutup, Peserta Persiapkan Diri Hadapi Seleksi Kompetensi

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 Ditutup, Peserta Persiapkan Diri Hadapi Seleksi Kompetensi/---freepik.com

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 Ditutup, Peserta Persiapkan Diri Hadapi Seleksi Kompetensi

RK ONLINE - Hari ini menjadi penutup pendaftaran bagi mereka yang bercita-cita menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di tahun 2023. Sebelum melangkah ke tahap selanjutnya, para peserta harus melewati seleksi administrasi.

 

Bagi peserta yang berhasil lolos seleksi administrasi, tahapan berikutnya adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). SKD akan berlangsung dari tanggal 9 hingga 18 November 2023. SKD merupakan tes kompetensi dasar yang harus diikuti oleh seluruh calon ASN (Aparatur Sipil Negara).

 

Namun, selain SKD, ada juga seleksi lain yang dikenal sebagai Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). SKB direncanakan akan diselenggarakan pada tanggal 16 hingga 22 Desember 2023. Tes SKB ini memiliki ciri khas tersendiri, yang mirip dengan SKD, tetapi difokuskan pada kompetensi bidang yang sesuai dengan jabatan yang dilamar.

BACA JUGA:Persiapan Uji Kompetensi CPNS 2023, Ini 20 Contoh Soal Essay Matematika dan Jawabannya

SKB diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan peserta. Jadwal dan materi ujian SKB akan berbeda-beda di setiap instansi. Beberapa instansi mungkin mewajibkan Computer Assisted Test (CAT) yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), sementara instansi lain mungkin memiliki beberapa tahapan seleksi tambahan.

 

Untuk mempersiapkan diri menghadapi tahap seleksi, calon peserta dapat menggunakan berbagai contoh soal yang tersedia. Ini termasuk soal SKD dan SKB yang dapat membantu calon ASN memahami jenis pertanyaan dan meningkatkan kemampuan mereka.

 

Seiring berakhirnya pendaftaran, para calon CPNS dan PPPK harus mulai mempersiapkan diri dengan serius menghadapi tahap seleksi yang semakin dekat. Semoga para pelamar dapat melewati semua tahapan seleksi dengan baik dan mewujudkan cita-cita mereka untuk menjadi bagian dari ASN yang berdedikasi.

BACA JUGA:Sering Salah Kaprah, Ini Perbedaan SKD dan SKB Seleksi CPNS 2023

Contoh Soal SKD CPNS 2023

Sumber: