Mau Daftar CPNS 2023 Tapi Domisili Berbeda, Simak Tata Cara Pendaftaran CPNS 2023 Peserta Berbeda Domisili

Mau Daftar CPNS 2023 Tapi Domisili Berbeda, Simak Tata Cara Pendaftaran CPNS 2023 Peserta Berbeda Domisili

Tata cara pendaftaran CPNS 2023 untuk peserta berbeda domisili atau domisili berbeda. --Istimewah

Mau Daftar CPNS 2023 Tapi Domisili Berbeda, Simak Tata Cara Pendaftaran CPNS 2023 Peserta Berbeda Domisili

RK ONLINE - Tata cara daftar CPNS 2023 untuk peserta domisili berbeda menjadi salah satu pertanyaan yang banyak muncul, sejak pendaftaran resmi dibuka tepat pada 20 September 2023 lalu. Meskipun semuannya sudah ditentukan di dalam portal SSCASN 2023, tetap saja banyak yang belum mengetahui cara daftar CPNS 2023 untuk peserta berbeda domisili.

BACA JUGA:Lulusan SMA Jadi Intelijen Negara, Formasi CPNS BIN 2023 Resmi Dibuka dan Catat Persyaratan Pendaftarannya

Namun sebelum memasuki langkah pendaftaran, ada hal penting untuk dipahami kalau setiap daerah, memiliki kebijakan sendiri dalam proses pendaftaran CPNS 2023, khususnya dalam hal catatan domisili peserta yang berbeda domisili.

 

Adapun banyak pertanyaan yang muncul yakni terkait seseorang yang mendaftar CPNS di kota A sementara dirinya tercatat berdomisili di kota B atau sebaliknya. 

Jika berdasarkan tahun 2021 lalu, calon peserta seleksi CPNS diizinkan untuk mendaftar dengan domisili berbeda. Artinya, masyarakat tetap dapat mendaftar CPNS 2023 meskipun berada di daerah yang berbeda dengan lokasi yang dituju.

BACA JUGA:Peserta Seleksi CPNS dan PPPK Jangan Salah, Pastikan Kembali Berkas Lamaran Anda Sudah Tepat, Begini Caranya!

Tetapi bagi calon peserta yang daftar CPNS 2023 dengan domisili berbeda, sangat penting untuk lebih dulu mengetahui dan memeriksa lokasi pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS di kota yang dituju.

Artinya calon peserta harus memastikan jika lokasi dan jadwal pelaksanaan SKD CPNS 2023 di daerah tersebut, sebelum mengikuti tahapan proses pendaftaran sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

 

Contohnya jika seleksi CPNS berlangsung di DKI Jakarta, dapat dipastikan jika kemungkinan terbesarnya, pelaksanaan SKD CPNS akan berlangsung di Jakarta. Maka dari itu calon peserta dengan berbeda domisili, diwajibkan untuk berada di lokasi dan hadir di Jakarta.

BACA JUGA:Mengungkap Kunci Sukses Lolos Tahap Awal Seleksi CPNS 2023, Bobot Nilai Tes SKD Salah Satunya!

Bagi calon peserta yang masih belum mengetahuinya, informasi terkait tempat atau lokasi tes dan alamat pelaksanaan SKD CPNS, biasanya akan diumumkan melalui situs resmi instansi yang peserta pilih dalam pendaftaran CPNS 2023.

Sumber: