Kisi-Kisi Soal Cerita Matematika Paling Sering Muncul Dalam Tes CPNS 2023

Kisi-Kisi Soal Cerita Matematika Paling Sering Muncul Dalam Tes CPNS 2023

Kisi-Kisi Soal Cerita Matematika Paling Sering Muncul Dalam Tes CPNS 2023/---freepik.com

Kisi-Kisi Soal Cerita Matematika Paling Sering Muncul Dalam Tes CPNS 2023

RK ONLINE - Tes CPNS 2023 tidak hanya menguji kemampuan kognitif umum, tetapi juga kemampuan matematika. Salah satu bentuk tes yang sering dihadapi adalah soal cerita matematika. Untuk membantu Anda mempersiapkan diri, berikut adalah beberapa contoh soal cerita matematika yang mungkin muncul dalam tes CPNS 2023.

 

1. Soal Perbandingan

Sebuah proyek pembangunan jembatan membutuhkan 18 bulan untuk diselesaikan oleh 12 pekerja. Jika pekerjaan tersebut harus diselesaikan lebih cepat, berapa banyak pekerja yang harus ditambahkan jika ingin menyelesaikannya dalam 9 bulan?

BACA JUGA:Pelajari Segera, Berikut Ini Kisi-Kisi Soal Tes CPNS 2023

2. Soal Persentase

Dalam suatu lomba maraton, Sarah menempuh jarak 42 kilometer dalam waktu 3 jam 30 menit. Berapa persentase kecepatan rata-rata Sarah dalam lomba tersebut?

 

3. Soal Volume Bangun Ruang

Sebuah kolam renang berbentuk kubus dengan panjang rusuk 10 meter. Berapa volume air yang diperlukan untuk mengisi kolam tersebut jika kolam tersebut sudah terisi hingga setengah tingginya?

 

4. Soal Perbandingan Umur

Umur Ayah sekarang adalah dua kali umur putranya. Jika selisih usia mereka adalah 20 tahun, berapa tahun lagi Ayah akan memiliki tiga kali usia putranya?

Sumber: