WhatsApp Siap Membuka Kemungkinan Berkirim Pesan ke Platform Lain

WhatsApp Siap Membuka Kemungkinan Berkirim Pesan ke Platform Lain

WhatsApp Siap Membuka Kemungkinan Berkirim Pesan ke Platform Lain/---freepik.com

WhatsApp Siap Membuka Kemungkinan Berkirim Pesan ke Platform Lain

RK ONLINE - WhatsApp, salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia, dilaporkan tengah mempersiapkan fitur baru yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan memungkinkan mereka mengirim pesan ke platform perpesanan lain.

 

Fitur ini muncul setelah adanya pembaruan terbaru pada Android beta versi 2.23.19.8 yang dirilis baru-baru ini dan menampilkan tampilan layar baru.

 

Berdasarkan laporan dari WABetaInfo, layar baru ini disebut sebagai "third-party chats" atau pesan pihak ketiga. Meskipun saat ini layar tersebut belum berfungsi dan tidak dapat diakses oleh pengguna versi beta WhatsApp yang baru, judul layar tersebut memberikan indikasi bahwa fitur ini nantinya akan memungkinkan pengguna mengirim pesan ke platform perpesanan lain.

BACA JUGA:Tidak Harus Sama WhatsApp, Beta Siapkan Fitur Baru Penerimaan Pesan dari Aplikasi Lain Selain WhatsApp

Jika fitur ini benar-benar terwujud, maka ini bisa menjadi langkah pertama WhatsApp dalam memungkinkan pengguna berkomunikasi melintasi platform seperti Telegram, Line, dan aplikasi perpesanan lainnya.

 

Versi beta ini muncul beberapa hari setelah Komisi Eropa mengkonfirmasi bahwa Meta, pemilik WhatsApp, telah memenuhi definisi "gatekeeper" atau penjaga gerbang layanan pesan.

 

 Ini sesuai dengan Undang-undang Digital Markets Act (DMA) Uni Eropa, yang menentukan bahwa WhatsApp harus mengizinkan interaksi dengan aplikasi perpesanan pihak ketiga mulai Maret 2024.

 

DMA bertujuan untuk mencegah "gatekeeper" menerapkan kondisi yang tidak adil dan untuk memastikan keterbukaan dalam layanan digital penting. Selain itu, DMA juga meminta perusahaan untuk mengizinkan pengguna untuk menghapus aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya atau berbelanja di toko aplikasi alternatif.

Sumber: