Waspada Petugas PLN Gadungan Beraksi, Perhatikan Modusnya!

Waspada Petugas PLN Gadungan Beraksi, Perhatikan Modusnya!

Waspada aksi oenipuan dengan modus baru/Foto: Petugas PLN Kepahiang saat melakukan pemeliharaan jaringan listrik--Dok/Jimmy Mahendra

Waspada Petugas PLN Gadungan Beraksi, Perhatikan Modusnya!

RK ONLINE - Aksi penipuan yang terjadi semakin hari kian menjadi-jadi. Bahkan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, aksi penipun semakin bervariasi dan sulit untuk terdeteksi. 

Selain melalui jejaring online, pelaku penipuan juga tidak segan-segan menemui langsung calon korbannya dengan melakukan sejumlah penyamaran.

Seperti yang terjadi baru-baru ini, anggota Polsek Ujan Mas, Bripda. Juanda menuturkan bahwa ada aksi penipuan dengan modus yang baru.

 

Menyasar tetangganya yang bernama Devi, pelaku penipuan ini beraksi di Pasar Atas, Curup, Rejang Lebong dengan modus menyamar sebagai petugas PT. PLN Persero.

BACA JUGA:Klarifikasi Sekda Kepahiang Soal Rekrutmen CPNS dan PPPK 2023, Ini Katanya!!

Kepada Radarkepahiang.id, Juanda mengaku bahwa aksi ini terjadi di Kabupaten Rejang Lebong. Namun menurutnya bukan tidak mungkin, pelaku yang diduga telah mahir dalam melancarkan aksinya ini, sewaktu-waktu akan masuk dan mulai mencari korban di  Kabupaten Kepahiang.

 

"Iya ada kiriman dari grup perumahan saya, pak RT yang kirim. Berdasarkan informasi yang diberikan ketua RT, tetangga saya nyaris saja menjadi korban aksi penipuan. Pelaku ini tampaknya sudah mahir dalam menjalani aksinya, saya imbau agar masyarakat Kabupaten Kepahiang tetap waspada jika sewaktu-waktu mendapat hal seperti ini, silahkan segera laporkan ke Bhabinkamtibmas," ujar Juanda.

 

Dalam menjalani aksinya lanjut Juanda, pelaku yang menyamar sebagai petugas PLN ini membawa selembar kertas yang dijadikannya sebagai kwitansi. 

Dalam kwitansi tersebut bertuliskan Tanda Bukti Pembayaran Penggantian No.ID (PLN) yang disertai dengan logo PLN dengan menggunakan tinta merah. 

 

Sumber: