Tidak Sembarangan, Ini Alasan Indonesia Memilih Garuda Sebagai Lambang Pancasila

Tidak Sembarangan, Ini Alasan Indonesia Memilih Garuda Sebagai Lambang Pancasila

alasan indonesia mengunakan burung garuda sebagai lambang pancasila/Foto:Ilustrasi---freepik.com

Tidak Sembarangan, Ini Alasan Indonesia Memilih Garuda Sebagai Lambang Pancasila

RK ONLINE- Garuda, burung mitologis dalam kepercayaan Hindu dan Budha, telah dipilih menjadi lambang resmi Pancasila, dasar negara Republik Indonesia. Keputusan ini dibuat dengan pertimbangan mendalam dan memiliki makna filosofis yang mendalam bagi bangsa Indonesia.

 

Garuda dipilih sebagai lambang Pancasila karena mengandung berbagai simbol dan makna yang sejalan dengan prinsip-prinsip dasar negara, yakni sila-sila dalam Pancasila. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Garuda dipilih sebagai lambang Pancasila:

 

1. Simbol Kebebasan dan Kemerdekaan:

Garuda melambangkan kebebasan dan kemerdekaan, yang merupakan nilai fundamental dalam Pancasila. Seperti burung yang melayang tinggi di angkasa, Garuda melambangkan semangat kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan dan semangat berjuang untuk mencapai cita-cita kemerdekaan.

BACA JUGA:Hadapi Messi, Shin Tea Yong Pilih Skuad Garuda Terkuat Untuk Uji Coba FIFA Matchday Melawan Argentina!

2. Kekuatan dan Ketangguhan:

Garuda dianggap sebagai makhluk yang kuat dan tangguh. Hal ini menggambarkan tekad bangsa Indonesia untuk menghadapi tantangan dan rintangan dalam membangun dan menjaga persatuan serta menghadapi berbagai permasalahan yang dihadapi negara.

 

3. Semangat Bhinneka Tunggal Ika:

Dalam mitologi, Garuda dianggap sebagai pemersatu yang kuat. Garuda menggambarkan semangat Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti "berbeda-beda tetapi tetap satu." Lambang Garuda mengajarkan pentingnya persatuan dalam keragaman dan kesatuan sebagai bangsa yang majemuk.

 

Sumber: