Cek Sekarang! Tanda-Tanda Ini Menunjukan Piringan Cakram Kendaraan Perlu Diganti Segera

Cek Sekarang! Tanda-Tanda Ini Menunjukan Piringan Cakram Kendaraan Perlu Diganti Segera

Ciri ciri piringan cakram wajib diganti - --ishutterstock.com

Cek Sekarang! Tanda-Tanda Ini Menunjukan Piringan Cakram Kendaraan Perlu Diganti Segera

RK ONLINE - Sebelum memulai perjalanan dengan sepeda motor atau mobil, sangat penting bagi pengendara untuk memeriksa komponen rem. Hal ini bertujuan agar sistem pengereman tetap optimal dan dapat berfungsi dengan baik dalam segala kondisi.

 

Salah satu komponen yang harus diperhatikan adalah piringan cakram. Dengan memeriksa dan memastikan kondisi piringan cakram tetap baik, pengendara dapat menghindari biaya perbaikan yang tinggi serta mencegah kerusakan pada komponen lainnya.

BACA JUGA:Rilis November 2023, Ini Bocoran Harga dan Spesifikasi All New Toyota Rush 2023!

Berikut adalah beberapa tanda piringan cakram yang perlu diganti:

1. Ketebalan berkurang secara signifikan

Piringan cakram yang aus biasanya memiliki ketebalan yang lebih tipis dari pada kondisi normal. Jika Anda melihat bahwa piringan cakram terlihat terlalu tipis atau memiliki ketebalan yang tidak merata, itu bisa menjadi tanda bahwa piringan cakram perlu diganti.

 

2. Permukaan piringan cakram tidak rata

Jika permukaan piringan cakram terlihat bergelombang atau tidak rata, itu dapat mengganggu performa pengereman. Permukaan yang tidak rata dapat menyebabkan getaran atau goyangan pada pedal rem saat mengerem, yang dapat mengurangi efisiensi pengereman.

 

3. Adanya retakan atau pecahan

Jika Anda melihat adanya retakan atau pecahan pada piringan cakram, itu adalah tanda yang jelas bahwa piringan cakram perlu diganti segera. Retakan atau pecahan dapat mengurangi kekuatan dan keandalan pengereman, yang dapat mengancam keselamatan berkendara.

Sumber: