Target Masuk Event Internasional, KKT Bersatu, Festival Tabut Dipastikan Meriah

Target Masuk Event Internasional, KKT Bersatu, Festival Tabut Dipastikan Meriah

Sekretaris Dispar Provinsi Bengkulu, Almidianto--Gatot/RK

RK ONLINE - Masuk agenda Kharisma Event Nusantara (KEN) dan ditargetkan masuk Event internasional tahun ini, festival Tabut Bengkulu tahun 2023 akan dibuat lebih meriah lagi dibanding tahun lalu.

Bahkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bengkulu telah memastikan event keagamaan di bulan Muharram ini akan dilaksanakan secara langsung, karena tidak dalam kondisi pandemi Covid 19 lagi. 

"Tahun ini pelaksanaan festival Tabot akan dilaksanakan lebih meriah.  Tahun ini full 10 hari 10 malam pelaksanaannya,'' sampai Sekretaris Dispar Provinsi Bengkulu, Almidianto.

Kemeriahan acara nantinya ditegaskan juga oleh Almidianto karena tidak ada lagi konflik internal dari KKT yang  dualisme organisasi seperti tahun-tahun. Akibatnya  pelaksanaan festival tabut tidak maksimal.

''Alhamdulillah  tahun ini kita melihat sudah bersatu kembali. Ini bisa dipastikan pelaksanaannya akan lebih kompak lagi,'' sampainya.

Dispar Provinsi Bengkulu sendiri menurut Almidianto telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terutama dari Kerukunan Keluarga Tabut (KKT) Bencoolen yang merupakan pihak yang terlibat sebagian besar dalam pelaksanaan event Tabut ini.

Dari pembahasan dan rapat-rapat yang telah dilaksanakan dapat dipastikan persiapan sudah dimantapkan baik dalam segi penganggaran hingga rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan.

BACA JUGA:Izin Usaha Kawasan Pantai Panjang yang Habis Atau Belum, Wajib Diurus yang Baru

''Kita sudah lakukan rapat dan MoU serta mempersiapkan konten yang akan dilakukan dalam festival tabut. Untuk diketahui jika festival tabut ini ada tiga tahap yakni ada ritualnya yang pelaksanaannya oleh KKT Bencoolen, ada penunjang daripada festival itu pameran dan bazarnya, dalam konteks pariwisata ini memang harus satu paket. Kemudian ada atraksi dan daya tariknya untuk 10 hari pelaksanaan nanti kita akan buat pagelaran seni budaya Provinsi Bengkulu,'' tutur Almidianto.

Ia juga menambahkan, dalam pergelaran seni budaya nantinya kemungkinan tidak hanya seni budaya Provinsi Bengkulu tapi juga diiringi pagelaran seni budaya daerah lain, mengingat Pemprov Bengkulu juga akan mengundang darah lainnya untuk ikut berpartisipasi dalam event ini.

''Kita juga akan mengundang pihak luar ya, yang sudah mengkonfirmasi itu ada DKI Jakarta yang akan datang bersama ondel-ondelnya. Kita juga sudah menyurati Provinsi Sumsel, Jambi dan Lampung untuk berpartisipasi. Selain itu, kita juga telah menyampaikan surat ke beberapa kedutaan negara lain yang memiliki kesamaan dengan budaya Tabut ini seperti Iran, Malaysia dan negara serumpun melayu seperti kita,'' demikian Almidianto.

Sumber: