Jangan Mengisi Oli Melebihi Batas Maksimal Jika Tidak Ingin Seperti Ini

Jangan Mengisi Oli Melebihi Batas Maksimal Jika Tidak Ingin Seperti Ini

Ilustrasi mengisi oli pada kendaraan - --ishutterstock.com

Jangan Mengisi Oli Melebihi Batas Maksimal Jika Tidak Ingin Seperti Ini

RK ONLINE - Umumnya semua jenis mesin yang menggunakan pelumas seperti oli akan memiliki takaran atau kapasitasnya sendiri. 

Misalnya mesin dalam motor jenis Yamaha 150 CC, setiap pengisian oli atau pergantian oli maksimal pengisian harus pas yakni 800 Mili liter. Namun jika melebihi kapasitas pengisian apa yang terjadi?.

 

Pengisian oli pada kendaraan ataupun mesin yang mengunakan pelumas oli maka harus ditakar sesuai dengan kapasitas maxsimal pengisian oli.

BACA JUGA:Sobat Otomotif, Perhatikan Ini Cara Memilih Oli Sesuai Dengan Jenis Mesin Kendaraan

Tidak diperbolehkan untuk melebihi batas pengisian atau kurang dlam pengisian sebab akan menyebabkan beberapa masalah potensial, Berikut adalah beberapa dampak yang mungkin terjadi jika Anda menggunakan oli lebih dari kapasitas mesin:

 

1. Peningkatan tekanan dalam mesin

Jika terlalu banyak oli ditambahkan, tekanan dalam sistem pelumasan dapat meningkat secara signifikan. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada segel, karet, atau komponen lain yang terkait dengan sistem pelumasan.

 

2. Peningkatan suhu mesin

Kelebihan oli dalam mesin juga dapat menyebabkan peningkatan suhu operasi. Ini karena oli yang berlebihan dapat menghambat pendinginan yang efisien, mengganggu aliran udara, dan menyebabkan gesekan yang berlebihan antara komponen mesin.

 

Sumber: