Sudah Banyak yang Muncul, Berikut 10 Tanda Hari Kiamat Menurut Al Quran

Sudah Banyak yang Muncul, Berikut 10 Tanda Hari Kiamat Menurut Al Quran

Ilustrasi Kiamat------ cdns.klimg.co--

Sudah Banyak yang Muncul, Berikut 10 Tanda Hari Kiamat Menurut Al Quran

RK ONLINE - Mempercayai datangnya hari kiamat merupakan salah satu dari rukun iman. Walaupun tidak ada yang mengetahui kapan hari kiamat akan tiba, Allah SWT telah menyebutkan tanda-tanda kiamat dalam beberapa ayat suci Al Quran.

 

Firman Allah SWT tentang terjadinya hari kiamat di muka bumi terdapat dalam surah Al A'raf ayat 187 yang berbunyi:

 

 

َسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةً ۗيَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ

 

Yang artinya sebagai berikut: Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, "Kapan terjadi?" Katakanlah, "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu ada pada tuhanku, tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. Itu (Kiamat) sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba" Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), "Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.

BACA JUGA:'Kiamat Semakin Dekat' Panji Gumilang Pendiri Ponpes Al Zaytun Sebut Perempuan Khotib Salat Jumat

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa beberapa tanda hari kiamat telah terjadi dan beberapa lainnya masih menjadi misteri. 

Tanda-tanda tersebut antara lain di antaranya ilmu diangkat, kebodohan muncul, khamar diminum, zina dilakukan dengan terang-terangan serta jumlah kaum laki-laki menjadi sedikit dan kaum perempuan menjadi banyak. Hingga di tengah lima puluh perempuan hanya ada satu laki-laki yang mengayomi (HR Bukhari).

Berikut 10 tanda hari kiamat yang disebutkan dalam Al Quran berdasarkan buku Tanda-Tanda Kiamat karya Mahmud Rajab Hamady, yaitu sebagai berikut:

 

Sumber: