Dukung Program Tanam Dua Kali, Bidang SDA Siapkan 11 Paket Pembangunan Irigasi

Dukung Program Tanam Dua Kali, Bidang SDA Siapkan 11 Paket Pembangunan Irigasi

DOK/RK : SAWAH : Petani di beberapa wilayah di Kabupaten Lebong mulai mempersiapkan lahan sawahnya dalam melaksanakan musim tanam pertama.--

RK ONLINE - Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR-Hub Kabupaten Lebong tahun ini akan mengerjakan sebanyak 15 paket kegiatan pembangunan infrastruktur. Mulai dari peningkatan/rehab jaringan irigasi permukaan hingga pembangunan pengandali banjir.

 

Kabid SDA Dinas PUPR-Hub Lebong, Arman Yunizar, ST menjelaskan tahun ini pihaknya akan melaksanakan pembangunan rehab maupun peningkatan jaringan irigasi permukaan yang terbagi menjadi 16 paket kegiatan. Sementara untuk pembangunan pengendali banjir ada 4 paket kegiatan.

 

"Dari 15 paket kegiatan yang kami akan laksanakan tahun ini 13 paket diantaranya dilaksanakan melalui proses tender atau lelang sementara 2 paket lainnya dilakukan dengan metode pengadaan langsung, " kata Arman.

 

Ia menjelaskan pembangunan maupun rehab jaringan irigasi permukaan ini dilakukan sebagai salah satu upaya mendukung program tanam dua kali setahun yang saat ini digalakkan Pemkab Lebong. Khususnya memastikan areal persawahan milik masyarakat teraliri oleh air.

 

"Semua paket yang akan dilaksanakan tahun ini sudah kami input kedalam SIRUP (Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan, red). Saat ini kami masih menyiapkan segala administrasi sebelum kegiatan bisa dijalankan, " tambah Arman.

 

BACA JUGA:Tingkatkan Indeks Pertanian, Bupati Kopli Turun ke Sawah

 

Disisi lain, Ia mengimbau seluruh masyarakat untuk bersama-sama ikut mendukung pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemkab Lebong. Salah satunya ikut menjaga dan merawat setiap pembangunan infrastruktur yang sudah selesai dibangun oleh pemerintah. Dengan harapan manfaat dari pembangunan yang sudah dilaksanakan bisa dirasakan dengan jangka waktu yang lama. 

 

Sumber: