Pemprov Bengkulu Kekurangan 252 Nakes

Pemprov Bengkulu Kekurangan 252 Nakes

DOK/RK : Kepala BKD Provinsi Bengkulu, Gunawan Suryadi--

RK ONLINE - Dari hasil pendataan yang telah dilakukan oleh jajaran Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Bengkulu bersama kementerian terkait, Provinsi Bengkulu di tahun 2023 ini kekurangan tenaga kesehatan (nakes) hingga mencapai 252 orang.

 

Untuk mencukupi kebutuhan ini, Pemprov Bengkulu memastikan jika tahun ini akan melakukan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan rekrutmen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) baik dari tenaga pendidik maupun tenaga teknis yang didalamnya termasuk para Nakes.

 

"Di tahun 2023 ini insyaallah akan dilakukan perekrutan ASN, baik dilakukan dalam bentuk statusnya CPNS maupun PPPK," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Gunawan Suryadi,S.Sos.,M.Ap, Selasa (21/2).

 

Lebih lanjut, sebanyak 252 orang kebutuhan nakes ini merupakan hasil pendataan yang dilakukan Pemprov Bengkulu besama dengan pemerintah pusat melaui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan pihak terkait lainnya.

 

"Januari lalu dari kemenkes sudah ada tindak lanjut dan kita bersama-sama dari kementerian, Dinas Kesehatan, hingga pihak rumah sakit untuk melakukan tes kebutuhan dan didapatkan angka global sebanyak 252 orang," ujar Gunawan.

 

BACA JUGA:Tidak Dapat Jaminan, Pekerja Diminta Lapor Disnakertrans

 

Dilanjutkannya, 252 nakes ini nantinya akan ditempatkan untuk mengisi jabatan yang ada di fasilitas kesehatan yang ada di Bengkulu, seperti Rumah Sakit daerah M.Yunus, RSKJ Soeprapto Bengkulu, laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) Bengkulu, hingga di Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. Untuk masing-masing kebutuhan yakni Labkesda Bengkulu sebanyak 18 orang, RSMY sebanyak 151 orang, RSKJ Soeprapto Bengkulu sebanyak 58 orang, dan Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu sebanyak 25 orang.

 

Sumber: