Warung Pojok Tetapkan 26 KPM Penerima BLT-DD

Warung Pojok Tetapkan 26 KPM Penerima BLT-DD

DOK/RK : GELAR : Pemdes, BPD, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pendamping Desa Warung Pojok Kecamatan Muara Kemumu menyelenggarakan Musdes dan menentukan KPM penerima BLT-DD.--

RK ONLINE - Jumat (17/2), jajaran Pemerintah Desa (Pemdes) Warung Pojok Kecamatan Muara Kemumu Kabupaten Kepahiang melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) TA 2023. Dalam kegiatan ini, Pemdes Warung Pojok bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD), tokoh masyarakat, serta perangkat agama, hingga pendamping desa menetapkan sebanyak 26 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapatkan Bantuan Tunai Langsung (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) TA 2023.

 

Kepala Desa Warung Pojok, Supian Aidi menyampaikan, berdasarkan Musdes yang dilaksanakan, pihaknya menetapkan 26 KPM yang mendapatkan BLT DD tahun 2023. Kalau nantinya sudah pencairan, selanjutnya BLT-DD akan dibagikan kepada masyarakat desa setempat, sesuai jumlah KPM yang ditentukan.

 

"Dalam proses Mudes, sejumlah pihak kami libatkan, sehingga tidak ada masyarakat yang protes terhadap hasilnya. Pemberian BLT-DD disesuaikan dengan ekonomi masyarakat yang memang layak menjadi menerima," kata Kades.

 

BACA JUGA:Baru 510 Warga yang Kantongi IKD

 

Menurutnya, Musdes yang dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari amanah Undang-undang yang telah ditetapkan. Karena berdasarkan aturan, penggunaan DD wajib untuk pemulihan ekonomi melalui perlindungan sosial dan penanganan kemiskinan ekstrim dalam bentuk menyalurkan BLT minimal 10 persen serta paling banyak 25 persen dari total DD.

 

"Untuk BLT-DD tinggal kita realisasikan setelah uangnya nanti sudah dicairkan. Sementara kegiatan lain, juga akan kita laksanakan seperti operasional Pemdes paling sebanyak 3 persen, ada juga program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20 persen, termasuk pembangunan lumbung pangan desa," demikian Kades.

Sumber: