Perusahaan di Hulu Sungai Diminta Keruk Sedimen Sungai

Perusahaan di Hulu Sungai Diminta Keruk Sedimen Sungai

DOK/RK : Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu, Ir. Mulyani--

RK ONLINE - Perusahaan Pemegang Ijin Usaha Pertambangan (IUP) di hulu atau sepanjang aliran sungai diminta untuk melakukan pengerukan sedimen sungai dan penanaman pohon di daerah resapan air di wilayah pertambangannya sebagai salah satu pencegahan bencana banjir yang selama ini terjadi.

 

 

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu, Ir. Mulyani menyampaikan, Dinas ESDM dan OPD teknis lainnya telah melakukan investigasi beberapa hari lalu ke hulu sungai untuk melihat penyebab terjadinya banjir.

 

 

Ia menyebut, bahwa banjir itu sepenuhnya bukan dampak dari kegiatan pertambangan, tapi juga ada faktor lain faktor lain di hulu sungai seperti kegiatan perkebunan yang merusak daerah resapan air hujan juga adanya intensitas hujan yang tinggi.

 

 

Pendangkalan sungai akibat aktivitas tambang atau limbah batu bara sendiri merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir. Dan upaya penanganan limbah pertambangan di aliran sungai menjadi kewajiban pihak perusahaan untuk diatasi.

 

 

"Kenyataannya di lapangan memang banyak penyebab terjadi banjir, salah satunya dampak dari kegiatan pertambangan karena adanya sedimen di aliran sungai. Nah kita berharap dan meminta ke pemilik IUP untuk melakukan penggalian atau pengerukan sedimen tersebut," kata Mulyani.

 

Sumber: