Pemimpin Masa Depan Harus Berkarakter Pancasila

Pemimpin Masa Depan Harus Berkarakter Pancasila

DOK/RK : Prosesi Pengangkatan Purna Paskibraka 2021 sebagai duta Pancasila yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Pemprov Bengkulu, Selasa (20/12).--

RK ONLINE - Pengamalan nilai-nilai pancasila untuk mempertahankan keberadaan bangsa sangat penting ditanamkan pada generasi calon pemimpin bangsa dimasa depan.

 

Hal ini ditekankan dan disampaikan saat pengangkatan Purna Paskibraka tahun 2021 sebagai duta Pancasila di Gedung Serbaguna Pemprov Bengkulu, Selasa (20/12).

 

Ketua Pelaksanaan dan Pendidikan BPIP, Sadono Sriharjo, ST, MM yang hadir dalam kegiatan menyampaikan, pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila dapat dilakukan dengan mengikuti perkembangan zaman yang semakin pesat saat ini.

 

"Menyebarluaskan informasi tentang nilai-nilai  Pancasila sekarang ini sudah dibantu oleh sistem digital. Jadi, silahkan dimanfaatkan tentang pengembangan dan penyampaian informasi tentang nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila," ungkap Sadono.

 

Ia menyebut, Pancasila adalah dasar negara dan jika suatu bangsa dasarnya tidak kuat pasti bangunan juga tidak kuat dan akan mudah runtuh. Maka dalam hal ini sangat dibutuhkan pengamalan dan penahanan nilai-nilai-nilai Pancasila di era zaman seperti ini.

 

"Duta Pancasila ini yang merupakan putra putri terbaik bangsa dan calon menjadi pemimpin-pemimpin nasional masa depan. Tentu saja kita semua bangsa Indonesia berharap agar pemimpin- pemimpin masa depan ini adalah pemimpin-pemimpin yang berkarakter Pancasila sehingga menjadi pemimpin yang mampu melaksanakan pembangunan nasional. Yang bisa mengantarkan terwujudnya cita- cita berbangsa dan bernegara yang dimandatkan oleh konstitusi yakni terwujudnya negara Indonesia merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur," paparnya.

 

Lebih lanjut, dengan diangkatnya Purna Paskibra adalah salah satu tujuan menanamkan karakter Pancasila terhadap calon pemimpin-pemimpin masa depan Indonesia.

 

Sumber: