Sampah Berserakan di Lapangan Hatta, Kopli Turun Tangan

Sampah Berserakan di Lapangan Hatta, Kopli Turun Tangan

DOK/RK : PUNGUT : Bupati Lebong Kopli Ansori turun tangan langsung memungut sampah yang berserakan di Lapangan Hatta, (16/12).--

RK ONLINE - Ada yang menarik dari pelaksanaan jalan santai bahagia yang digelar dalam memeriahkan HUT Lebong ke-19, kemarin (16/12).

 

Apa ?, adalah sikap spontan Bupati Lebong Kopli Ansori yang memungut sampah berserakan di Lapangan Hatta Desa Kampung Muara Aman Kecamatan Lebong Utara. Selain dari peserta jalan santai, sampah tersebut juga berasal dari aktivitas pasar malam yang sudah berlangsung sejak 3 Desember lalu yang tak terkelola dengan baik.

 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebong Indra Gunawan, S.Pi, M.Si mengatakan pengelolaan sampah dari penyelenggaraan pasar malam di Lapangan Hatta merupakan kewenangan dari pihak pemerintah desa. Apalagi retribusi kebersihannya dipungut oleh pihak desa.

 

"Untuk sampah yang berserakan di seputaran lapangan adalah kewenangan desa. Kami tetap membantu dengan mengangkut sampah dari TPS menuju TPA. Karena itu kami meminta agar sampah bisa dibuang di TPS sehingga bisa diangkut, " kata Indra.

 

BACA JUGA:Kampanyekan Germas Melalui Jalan Santai Bahagia

 

Lebih jauh Indra mengatakan, tumpukan sampah yang terjadi menunjukkan antusias masyarakat yang tinggi mengunjungi pasar malam maupun saat jalan santai bahagia. Semakin banyak orang maka sampah yang akan dihasilkan juga akan semakin banyak. Karena itu ia mengimbau kepada pemerintah desa sebagai penanggung jawab kebersihan untuk bisa membuang sampah ke TPS yang sudah disediakan. DLH siap untuk membantu dalam proses pengangkutan sampah dari TPS ke TPA sampah.

 

"Kampi pastikan sampah yang ada di TPS akan kami angkut ke TPA, " lanjutnya.

 

Sumber: