WASPADA! Gempa Berkekuatan Dahsyat Mengintai Provinsi Bengkulu

WASPADA! Gempa Berkekuatan Dahsyat Mengintai Provinsi Bengkulu

Stageof BMKG Kepahiang, peta potensi sumber gempa Pusgen terbaru/BMKG Kepahiang.--BMKG

RK ONLINE - Gempa cianjur berkekuatan 6,5 Magnitudo yang menelan ratusan korban meninggal dunia, ternyata juga berpotensi terjadi di Provinsi Bengkulu.

 

Bahkan untuk di Provinsi Bengkulu, BMKG mengungkapkan kalau potensi gempa berkekuatan dahsyat yang sewaktu-waktu dapat terjadi di Provinsi Bengkulu ini, memiliki kekuatan yang jauh lebih kencang dari guncangan gempa Cianjur belum lama ini.

 

Adanya ancaman potensi gempa dahsyat ini, dibenarkan Pengamat Meteorologi dan Geofisika BMKG Kabupaten Kepahiang, Milzam Wafiazizi, S.Tr, Rabu 23 November 2022. 

 

Dia mengatakan kalau Provinsi Bengkulu, berpotensi diguncang gempa berkuatan dahsyat, yakni 8,2 Magnetudo.

BACA JUGA:Data Terbaru! Korban Gempa Cianjur 162 Orang Meninggal Dunia

Milzam menuturkan bahwa potensi gempa berkekuatan dahsyat yang dimaksud, adalah gempa bumi dengan kekuatan 8,2 Magnitudo pada sesar Mentawai atau lebih tepatnya, berada di antara pulau Mentawai dan Sumatera Barat (Sumbar). 

 

Sementara untuk sesar di wilayah bengkulu, meliputi daerah Ketahun, Musi, Enggano dan Manna, hanya berpotensi diguncang gempa dengan kekuatan rata-rata 7 Magnitudo.

 

"Informasi ini memang benar dan bukan untuk menakut-nakuti masyarakat dan memang harus tetap perlu kita waspadai," ujar Milzam.

BACA JUGA:Sepanjang November, Puluhan Kali Gempa Tektonik di Bengkulu

Sumber: