Dispar Dorong Desa Kembangkan Wisata

Dispar Dorong Desa Kembangkan Wisata

DOK/RK--

RK ONLINE - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Rejang Lebong terus mendorong agar pemerintah desa diwilayah tersebut bisa mengembangkan setiap potensi wisata yang dimiliki. Sementara desa yang sudah menjadi desa wisata, juga diharapkan bisa terus mengembangkan dan mempromosikan wisata dalam meningkatkan minat pengunjung untuk datang.

Kepala Dispar Rejang Lebong, M. Budianto, ST memastikan pihaknya akan terus mendampingi setiap desa dalam mengembangkan potensi wisata yang mereka memiliki. Mulai dari peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan desa wisata hingga membantu mempromosikan ke masyarakat luas.

"Kita mengakui pandemi Covid-19 berdampak ke berbagai sektor usaha. Termasuk kawasan objek wisata juga ikut terimbas, " kata Budianto.

Meski demikian ia yakin, potensi wisata yang ada di Rejang Lebong bisa kembali bangkit. Apalagi saat ini Covid-19 sudah mulai melandai. Untuk itu ia berharap setiap pengelola wisata untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mempromosikan wisatanya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Kami tetap optimis dengan promosi yang kreatif dan inovatif bisa kembali meningkatkan kunjungan wisatawan untuk datang ke Rejang Lebong, " tambahnya. 

 

BACA JUGA:Ini Prioritas Penggunaan DD 2023

 

Dalam langkah promosi ini, pihaknya sudah meminta kepada setiap pemandu wisata hingga karang taruna untuk memanfaatkan media sosial (medos). Langkah tersebut dinilai efektif karena jangkauannya yang luas.

"Semakin banyak pengunjung yang datang maka kami yakin akan berdampak terhadap roda perekonomian masyarakat sekitar. Juga bisa merangsang pertumbuhan pelaku UMKM di Rejang Lebong, " demikian Budianto.

Sumber: