Lemhanas Gelar Dialog Wawasan Kebangsaan

Lemhanas Gelar Dialog Wawasan Kebangsaan

DOK/RK : DIALOG : Kegiatan Dialog Wawasan Kebangsaan Lemhanas RI di Provinsi Bengkulu Tahun 2022--

RK ONLINE - Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia menggelar Dialog Wawasan Kebangsaan Lemhanas RI di Provinsi Bengkulu ,Rabu (19/10). Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Lemhanas RI,  Letnan Jenderal TNI Mohamad Sabrar Fadhila serta dihadiri Wakil Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rosjonsyah,S.IP, M.Si, jajaran forkopimda, instansi vertikal dan pihak terkait lainnya.

Pesertanya, dari berbagai elemen masyarakat, pemuda, pemerintahan dan aparat TNI serta Polri yang ada di Bengkulu.  Kegiatan yang dilaksanakan akan berlangsung selama 3 hari mulai 19 hingga 21 Oktober mendatang akan diisi berbagai kegiatan dan materi wawasan kebangsaan. 

Wakil Gubernur Lemhanas RI Letnan Jenderal TNI Mohamad Sabrar Fadhila, menyampaikan, kegiatan dialog kebangsaan yang dilaksanakan sebagai wujud kembali pemahaman semua pihak khususnya generasi muda terkait kebangsaan, Indonesia, hingga sejarah bangsa. 

"Pemahaman kembali kepada kita semua terutama peserta yang hadir dalam dialog dari bermacam-macam bidang seperti ormas, TNI, mahasiswa dan seterusnya, untuk mengingat kembali tentang keindonesiaan kita, wawasan kita, sejarah bangsa ini, yang nantinya akan disampaikan oleh pemateri," sampainya.

Ia menyebut, situasi dunia terkini yang menjadi dinamika perkembangan global pasti akan mempengaruhi secara nasional. Begitupun dinamika didalam negeri yang menyebabkan banyak perubahan-perubahan, sehingga perlu upaya untuk menjaga keutuhan bangsa melaui memjaga wawasan rakyatnya agar tidak terpuruk dalam perkembangan. 

"Perlu memahami jati diri terlebih dahulu supaya bangsa bisa bergerak maju mengikuti perkembangan dunia, tapi tetap eksis dan menjaga dengan baik, bahkan jauh lebih maju dari sebelumnya," ungkapnya.

 

BACA JUGA:Tidak Boleh Ada Pungutan di Pantai Panjang

 

Sementara itu, dari sisi pemahaman budaya lokal dirinya menilai hal tersebut tentunya sangat diperlukan, terlebih keberagaman budaya lokal menjadi identitas bangsa Indonesia dari dahulu. 

"Betul kita harus kuat dalam pemahaman budaya lokal, karena dari sana kita menjadi manusia seutuhnya. Tapi jangan lupa, dalam Indonesia kita keragaman juga harus dijaga. Kita tidak menjadi sempit dengan keberagaman lokal itu, tetapi merekatkan dengan yang lainnya agar lebih bergerak maju," pungkasnya. 

Sementara itu, Wagub Provinsi Bengkulu, Dr. H. Rosjonsyah, S.IP, MSi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tinginya atas terselenggaranya dialog wawasan kebangsaan yang diadakan Lemhanas RI. Mengingat hal tersebut sangat dibutuhkan dalam perkembangan saat ini. 

"Hal ini memang sangat diperlukan sekali diera digitalisasi saat ini, butuh pemahaman bahwa banyak anak muda kita yang jauh dari wawasan kebangsaan. Dengan acara yang diselenggarakan dia tahu jati dirinya, bahwa kita kuat , kita bangsa Indonesia itu harus bersatu baik ekonomi hingga pertahanannya," sampainya. 

Wagub Rosjonsyah berharap semua peserta yang mengikuti dialog kebangsaan dapat bersungguh-sungguh terutama bagi generasi muda, karena mereka sebagai penerus bangsa kedepannya. 

Sumber: